Universitas Diponegoro (Undip) telah mengukir prestasi yang membanggakan di kancah nasional dan internasional. Berdasarkan hasil pemeringkatan terbaru yang telah di rilis oleh lembaga pemeringkatan Perguruan Tinggi dunia, AD (Alper-Doger) Scientific Index 2022, Universitas Diponegoro (UNDIP) telah berhasil menduduki posisi ke-7 sebagai universitas terbaik di Indonesia.

Dilansir dari laman https://www.adscientificindex.com/methodology/, metode yang digunakan AD Scientific Index 2022 untuk mengukur kualitas universitas berdasarkan dari banyaknya peneliti yang berkinerja baik di universitas tersebut. Produktivitas dan kinerja dari para peneliti ini dapat diketahui dari total skor H-index yang ada di Google Scholar dan akan menentukan peringkat universitas itu sendiri.

Undip tercatat ada 296 peneliti yang telah masuk di pemeringkatan AD Scientific Index 2022. Dari total peneliti tersebut, terbagi menjadi beberapa kategori, yakni terdiri dari 24 peneliti kategori Agriculture & Forestry, 4 peneliti kategori Arts, Design and Architecture, 32 peneliti ketagori Business & Management, 25 peneliti kategori Economics & Econometrics.

Kemudian terdapat 65 peneliti kategori Engineering & Technology, 3 peneliti kategori Law / Law and Legal Studies, 21 peneliti kategori Medical and Health Sciences, 25 peneliti kategori Natural Sciences, 18 peneliti kategori Social Sciences, dan terdapat 79 peneliti kategori lainnya.

Untuk tingkat dunia, berdasarkan hasil pemeringkatan AD Scientific Index 2022, menempatkan Harvard University pada posisi pertama. Menempel perguruan tinggi pada urutan kedua yakni Stanford University. Sedangkan urutan ketiga ditempati oleh University of California Berkeley.

AD Scientific Index 2022 merupakan sistem peringkat dan analisis berdasarkan kinerja ilmiah dan nilai tambah dari produktivitas ilmiah yang dimiliki oleh para ilmuwan secara individu. Selain itu, AD Scientific Index 2022 memberikan peringkat institusi berdasarkan karakteristik ilmiah dari ilmuwan yang berafiliasi.

Dengan hasil pemeringkatan ini, maka semakin mematangkan visi Undip yakni menjadi Universitas Riset yang Unggul serta dapat digunakan untuk memacu para peneliti Undip untuk terus meningkatkan kualitas riset dan inovasi, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama SH. M.Hum., menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan seluruh keluarga besar Undip atas capaian tersebut.  Hasil pemeringkatan tersebut merupakan buah kerja keras dari seluruh jajaran civitas akademika Universitas Diponegoro.

“Tentunya kita berharap setiap tahun peringkat kita bisa lebih baik lagi. Kami terus berbenah untuk meningkatkan kualitas para peneliti di Undip untuk terus meningkatkan produktifitas publikasi internasional yang bereputasi serta karya ilmiah lain baik di tingkat nasional maupun internasional. Produktivitas dan kinerja dari para peneliti akan terus didorong dan dikembangkan sebagai upaya komitmen Undip mencapai visi menjadi Universitas Riset yang Unggul serta cita-cita Undip menuju universitas berkelas dunia (World Class University),” kata Prof. Yos Johan, Jumat (04/02/2022). (Dhany – Humas)