Tumor kulit merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali, dapat merusak jaringan disekitarnya dan mampu menyebar kebagian tubuh yang lainnya. Tumor kulit dapat menjadi masalah kesehatan yang serius tetapi gejala-gejalanya kadang tidak terlalu kelihatan, sehingga banyak orang tidak menyadari atau bahkan mengabaikannya. Karena itu, penting untuk mengenali gejala-gejala kanker kulit agar pengobatan bisa dilakukan sedini mungkin, sehingga kondisi tumor tidak bertambah parah.

“Tumor adalah suatu pertumbuhan yang abnormal bisa bersifat jinak ataupun ganas, dapat terjadi di semua jaringan, bisa di jaringan kulit, tulang, organ dalam, di mata, di telinga, dan sebagainya atau semua tempat yang memiliki jaringan bisa muncul tumor. Sedangkan tumor kulit yang berasal dari pigmen kulit atau melanin disebut nevus melanocytic atau andeng-andeng atau dalam bahasa jawa disebut toh, ada istilah lain lagi yakni nevus pigmentosus” terang dr. Muslimin, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Nasional Diponegoro, Universitas Diponegoro.

“Faktor-faktor yang memunculkannya diantaranya adalah sistem imun yang rendah, baik itu tumor kulit atau tumor pada kelamin misalnya, termasuk orang yang mendapatkan obat-obat imunosupresif. Selain itu riwayat keluarga dan kelainan genetik dimana ia akan lebih sensitif kalau terpapar sinar matahari” lanjutnya.

dr. Muslimin mengatakan faktor-faktor dari luar bisa dicegah diantaranya harus disiplin menggunakan tabir surya, menggunakan pakaian yang menutupi seluruh tubuh sehingga sedikit mungkin terpapar langsung sinar matahari, mencermati kondisi kulit, apakah terdapat benjolan atau ada perubahan warna dan menghindari paparan sinar matahari secara berlebihan.

“Paparan matahari yang berlebihan menyebabkan munculnya sunburn atau luka bakar akibat paparan sinar matahari, biasanya ada kemerahan, timbul rasa gatal kemudian kulitnya bersisik dan mengelupas. Indonesia dilalui garis khatulistiwa dan kita bersyukur karena dianugerahi kulit yang lebih gelap, sebab lebih protektif, artinya kulit gelap lebih terlindung dari bahaya sinar matahari. Mencari tahu tentang kondisi kulit sedini mungkin akan lebih baik, jika ada sesuatu yang berbeda misalnya ada benjolan dan sebagainya segera konsultasi ke dokter” pesan dr. Muslimin. (Lin-Humas)