Prestasi gemilang kembali diraih oleh Universitas Diponegoro (Undip). Berdasarkan hasil pemeringkatan terbaru yang telah dirilis oleh lembaga pemeringkatan dunia, Webometrics, pada kategori Top Portal of Journal in Webometrics February 2022, Undip E-Journal System (UEJS) Portal, terpilih menjadi Portal E-Journal terbaik di Indonesia. Dengan hasil ini semakin memantapkan Undip sebagai universitas riset yang unggul di taraf nasional dan internasional.

“Saya kira membanggakan sekali, bahwa pada pemeringkatan khusus portal jurnal oleh Webometrics versi February 2022 berhasil menempatkan Portal E-Journal Undip (khususnya Portal Undip E-Journal 3) sebagai yang terbaik di Indonesia dan ranking 71 dunia. Sebenarnya ada 3 portal jurnal di Undip, sementara yang Portal Undip E-Journal 2 menempati ranking 139 dunia”. jelas Prof. Dr. Istadi, S.T., M.T., Kepala UPT Laboratorium Terpadu sekaligus sebagai salah satu Tim Pembina Jurnal Undip.

Ada dua portal E-Journal di Undip yang mendapat ranking pada Webometrics versi February 2022 ini, yaitu Undip E-Journal System (UEJS) Portal 3 yang menempati posisi ke-1 di Indonesia dan posisi ke-71 dunia. Sedangkan Undip E-Journal System (UEJS) Portal 2 berhasil menempati posisi ke-139 dunia.

Lembaga pemeringkatan dunia, Webometrics menggunakan metode kuantitatif yang telah dirancang khusus dan menerapkan indikator yang memungkinkan untuk mengukur aktivitas ilmiah yang ada di website jurnal ilmiah. Pada kategori Top Portal of Journal in Webometrics February 2022 ini, jurnal ilmiah yang diteliti ialah repositori jurnal ilmiah berdasarkan indeks artikel pada Google Scholar.

“Namun perlu diingat bahwa pemeringkatan Webometrics ini dinamis sekali, karena berdasarkan data real time dari website E-Journalnya menggunakan tool indeks Google Scholar. Biasanya Webometrics akan mengeluarkan ranking ini setahun dua kali”. ungkap Prof. Istadi.

Undip E-Journal System (UEJS) Portal merupakan portal tempat penerbitan jurnal ilmiah yang berfokus pada penerbitan hasil-hasil penelitian di Indonesia maupun di dunia yang memiliki manfaat dengan menggunakan metodologi penelitian yang kuat dan tepat. Undip E-Journal System (UEJS) Portal telah menyediakan berbagai konten dan sumber artikel yang berkualitas tinggi yang mendorong penemuan dan mendorong kemajuan ilmiah paling berpengaruh di dunia.

Dengan hasil pemeringkatan Webometrics ini akan lebih memacu para pengelola jurnal di Undip agar lebih bersemangat lagi dalam mengelola jurnalnya dengan baik. Serta terus membantu mendiseminasikan hasil-hasil penelitian di Undip, dari perguruan tinggi, dan lembaga penelitian di Indonesia dan dunia. “Dengan diseminasi yang global dari jurnal-jurnal Undip ini, maka berharap agar sitasi penelitian-penelitian dari Undip dan Indonesia segera mendapatkan sitasi dari level dunia. Para Pengelola jurnal di Undip sangat berterima kasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM Undip) atas fasilitasinya yang luar biasa terhadap Portal E-Journal Undip ini”. ungkap Prof. Istadi.

Selain itu, Undip akan terus berusaha meningkatkan kualitas dan menaikan akreditasi SINTA (Science and Technology Index), serta meningkatkan jumlah jurnal yang terindeks Scopus dan/atau Web of Science. “Tidak kalah pentingnya juga perawatan server E-Journal juga menjadi perhatian utama, agar jurnal kita bisa diakses dari level global secara mudah dan lancar”. tambahnya.

Ada beberapa jurnal Undip yang telah terindeks Scopus dan/atau Web of Science. Tercatat sampai akhir tahun 2021, jurnal Undip yang terindeks Scopus ada 6 jurnal ilmiah, yaitu:

  1. Bulletin of Chemical Reaction Engineering & Catalysis, https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/bcrec
  2. Journal of the Indonesian Tropical Animal Agriculture, https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jitaa
  3. International Journal of Renewable Energy Development, https://ejournal.undip.ac.id/index.php/ijred
  4. Nurse Media Journal of Nursing, https://ejournal.undip.ac.id/index.php/medianers (diterima 20 April 2020)
  5. Ilmu Kelautan: Indonesian Journal of Marine Sciences, https://ejournal.undip.ac.id/index.php/ijms (diterima 28 Oktober 2020)
  6. Geoplanning: Journal of Geomatics and Planning, https://ejournal.undip.ac.id/index.php/geoplanning (diterima 30 Desember 2020)

Sementara itu, berdasarkan hasil pemeringkatan pada kategori Top Portal of Journal in Webometrics February 2022 untuk tingkat dunia, menempatkan China National Knowledge Infrastructure pada posisi pertama, kemudian eLibrary.ru Scientific Electronic Library di posisi kedua, dan Japan Science and Technology Information Aggregator Electronic J-STAGE di posisi ketiga. (Dhany – Humas)