Pada Upacara Wisuda ke-165 yang digelar secara daring pada Rabu (9/2/2022), Universitas Diponegoro mewisuda sebanyak 2.518 orang, yang meliputi program Doktor 71 orang, Magister 309 orang, Spesialis 65 orang, Profesi 220 orang, Sarjana 1.608 orang, Sarjana Terapan 38 orang dan Diploma 207 orang.

Dalam laporannya, Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D. menyampaikan terdapat wisudawan dari program Double Degree. Double Degree adalah gelar ganda yang diperoleh dari Universitas Diponegoro dan dari perguruan tinggi di Indonesia atau perguruan tinggi lain di luar negeri dalam rangka kerjasama pengembangan suatu program studi dan diberikan dua ijazah. Para wisudawan program Double Degree antara lain Tan Oscario Archie Kristandy lulusan Sarjana Akuntansi dari Saxion University Netherlands, Kevinia Krisnia Putri, Elisse Claudea Bella, Clarissa Aditia lulusan Sarjana Manajemen dari Saxion University Netherlands, Muhammad Izudin Irfan lulusan Sarjana Manajemen dari Universite De La Reunion Perancis dan Kristian Benardo lulusan Sarjana Akuntansi dari Médicis Business School Paris XIII Perancis.

Terdapat pula wisudawan yang merupakan mahasiswa internasional diantaranya  berasal dari  Madagascar yaitu Razafinandrasana Cynthia lulusan dari Sarjana Akuntansi dan Ramiandrisoa Fredo lulusan dari Sarjana Ekonomi serta dari negara Libya yaitu Mostafa Imhmed Ighwerb lulusan dari Doktor Ilmu Kelautan.

Selain membuka kelas regular, Undip juga membuka Jalur IUP (International Undergraduate Program) yang dirancang sebagai kelas khusus dengan bahasa inggris sebagai media komunikasi dalam semua kegiatan dikampus. Kelas IUP bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing global. Program ini ditawarkan bagi calon mahasiswa nasional maupun internasional.

“Kita ketahui bersama bahwa pada tahun 2021 kemarin, Undip berhasil mendapatkan ranking dua nasional berdasarkan capaian Indikator Kinerja Utama Liga PTN-BH 2021. Prestasi tersebut kita dapatkan dengan kerja keras dan dukungan dari banyak pihak, tak terkecuali alumni. Dukungan alumni berupa umpan balik informasi tentang kesiapan kerja lulusan tentunya sangat kita butuhkan untuk mendukung capaian tersebut. Semoga para wisudawan sukses dalam meniti karir, dan menjadi tauladan yang baik bagi masyarakat” pungkasnya. (Lin-Humas)