Sebanyak 224 lulusan dari program Bidikmisi turut dilantik pada acara wisuda ke-165 Universitas Diponegoro yang digelar secara daring pada Rabu-Kamis (9-10 Februari 2022). Para wisudawan tersebut mempunyai prestasi yang membanggakan. Diantaranya mahasiswa dari Fakultas Peternakan dan Pertanian, Alimah Putri Milania dengan 3.90, Ha Dicky dengan IPK 3.84, Bella Lista Putriani Rahayu dengan IPK 3.84, dan Nurul Khasanah dengan IPK 3.77.

Beasiswa Bidikmisi adalah beasiswa yang diberikan pemerintah bagi siswa SMA, SMK, dan yang sederajat. Program ini ditujukan untuk siswa berprestasi yang kurang mampu secara ekonomi dan diselenggarakan atas dasar pemerataan pendidikan bagi seluruh rakyat.

“Universitas Diponegoro satu dari perguruan tinggi yang turut mendukung program beasiswa Bidikmisi” terang Prof. Faisal, SE., MSi., Ph.D. selaku Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

Prof. Faisal menambahkan Undip memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada anak-anak dari keluarga yang kurang mampu dan berprestasi agar dapat kuliah dengan mengikuti persyaratan yang telah ditentukan.

Pembangunan sumber daya manusia terdidik tidak dapat berjalan baik tanpa peran serta keluarga, sekolah dan masyarakat. Oleh karenanya, Undip proaktif  terlibat langsung dalam pembangunan sumber daya manusia dan berkontribusi membantu sekolah dalam menjalankan program dan kebijakan pemerintah terkait dengan kualitas pendidikan. Sumber daya manusia (mahasiswa) Undip dalam usia produktif merupakan suatu peluang besar untuk turut memajukan negeri.

Beasiswa Bidikmisi memiliki misi menghidupkan harapan bagi masyarakat tidak mampu dan mempunyai potensi akademik baik untuk dapat menempuh pendidikan sampai ke jenjang pendidikan tinggi serta menghasilkan sumber daya insani yang mampu berperan dalam memutus mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan.

Sedangkan tujuannya adalah meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik, memberi bantuan biaya pendidikan kepada calon/mahasiswa yang memenuhi kriteria untuk menempuh pendidikan program Diploma/Sarjana sampai selesai dan tepat waktu, meningkatkan prestasi mahasiswa, baik pada bidang kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler, menimbulkan dampak iring bagi mahasiswa dan calon mahasiswa lain untuk selalu meningkatkan prestasi dan kompetif, melahirkan lulusan yang mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial, sehingga mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan. Sasaran program adalah lulusan satuan pendidikan SMA/SMK/MA/MAK yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik.