Sehubungan dengan selesainya pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) Tim 1 Tahun Akademik 2021/2022, Undip telah menggelar upacara penerimaan kembali mahasiswa KKN Tim 1 Tahun Akademik 2021/2022 secara daring/virtual, pada Rabu (16/02) melalui platform Zoom meeting dan live streaming Official Youtube UndipTV.

Acara ini turut dihadiri oleh Rektor Undip, Ketua Senat Akademik, para Wakil Rektor, para Dekan Fakultas dan Sekolah, Ketua dan Wakil Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Undip, Pengelola Pusat Pelayanan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN) Undip, para dosen pembimbing, dan perwakilan mahasiswa peserta KKN Tim 1.

Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan selamat untuk para mahasiswa peserta KKN tim 1 yang telah selesai melaksanakan kegiatan KKN. “Selamat dan terima kasih, semangat kembali ke Undip lagi, segera selesaikan tugas dengan sebaik-baiknya,” ucap Prof. Yos.

Prof. Yos menambahkan para mahasiswa peserta KKN Tim 1 telah menjaga nama baik Undip. “Alhamdulillah anak-anakku yang melaksanakan tugas KKN bukan hanya menjaga, tapi informasinya juga memberikan nama yang harum kepada Undip, membantu dimana-mana, salah satunya juga ada KKN Tematik yang ada di Lumajang, di gunung Semeru. Itu menjadi sesuatu yang sangat membanggakan.” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan KKN juga memberikan sebuah pembelajaran yang sangat berharga bagi para mahasiswa. “Saya mendapatkan pelajaran mengenai Leadership, pelajaran mengenai penanganan krisis, pelajaran mengenai perencanaan, merancang sesuatu, menangkap suatu masalah, menyelesaikannya, mencari dana justru ketika dengan adanya KKN.” jelas Prof. Yos.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Undip Prof. Dr. Jamari, S.T., M.T., dalam laporannya menjelaskan kegiatan KKN Tim 1 Tahun Akademik 2021/2022 ini berjalan dengan baik dan lancar. “Alhamdulillah pelaksanaan KKN Undip Tim 1 Tahun Akademik 2021-2022 berjalan dengan sangat baik dan lancar.” ungkap Prof. Jamari.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Undip Prof. Dr. Jamari, S.T., M.T., saat menyampaikan laporan mengenai pelaksanaan KKN Undip Tim 1 Tahun Akademik 2021-2022.

Pelaksanaan KKN Undip Tim 1 Tahun Akademik 2021-2022 ini dilaksanakan pada tanggal 05 Januari 2022 sampai dengan 15 Februari 2022. Diikuti sebanyak 2.354 mahasiswa dari seluruh fakultas di Undip dan dengan dosen pembimbing lapangan sebanyak 103 orang. Lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan KKN Tim 1 sebanyak 23 Provinsi.

Prof. Jamari menambahkan pelaksanaan kegiatan KKN mengikuti standar protokol kesehatan dan mengikuti status PPKM di masing-masing wilayah, sehingga koordinasi terus dilakukan bersama Bappeda atau Pemerintah setempat.

Kemudian program kerja yang dilakukan mahasiswa selama KKN dibagi menjadi 2 dengan tema utama adalah pemberdayaan masyarakat di masa pandemi berbasis SDG’s dengan mengacu 17 goals. Selanjutnya edukasi kepada masyarakat tentang bahaya narkoba. Program-program ini dilakukan dengan menggandeng pihak-pihak terkait.

Program kedua adalah program keilmuan mahasiswa antara lain edukasi pengelolaan sampah plastik, pemantauan kapatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan, pemetaan atau pengembangan desa wisata, dan pemberdayaan masyarakat berdasarkan potensi daerahnya masing-masing.

Selain KKN Reguler, saat ini Undip juga melaksanakan KKN Tematik Peduli Semeru. “Saat ini selain KKN Reguler, kita juga sedang melaksanakan KKN Tematik Peduli Semeru. Tim sudah bekerja disana dengan sangat baik dan alhamdulillah responnya sangat luar biasa.” ungkap Prof. Jamari. (Dhany – Humas)