Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Diponegoro (KPRI UNDIP) baru saja menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup buku 2021, pada Selasa (22/02) pukul 09.00 WIB secara daring/virtual melalui platform Zoom meeting.

Pada RAT tahun ini turut dihadiri oleh Rektor Undip, para Wakil Rektor, Ketua KPRI Undip, Pengurus dan Pegawai KPRI Undip. Acara ini juga turut mengundang Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang Drs. Agus Wuryanto, M.Si., yang diwakili oleh Kepala Sub Koordinator Pemeriksa Kelembagaan dan Usaha Koperasi Bejo Imam Suroso, S.E., M.M., dan Mitra Kerja KPRI UNDIP.

RAT dibuka secara resmi oleh Rektor Undip selaku Pembina KPRI UNDIP. RAT diikuti oleh sejumlah perwakilan anggota dari Fakultas/Lembaga/Unit. Peserta RAT adalah anggota KPRI UNDIP yang ditunjuk oleh pimpinan Fakultas/Lembaga/Unit untuk mengikuti RAT tahun 2022 tutup buku 2021. Kurang lebih 800 undangan sebagai perwakilan dari keseluruhan anggota KPRI UNDIP

Dalam sambutannya, Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., mengungkapkan rasa bangganya terhadap kehadiran KPRI UNDIP. “Satu hal yang patut kita syukuri adalah keberadaan KPRI. Betapa telah banyak menolong, saya rasakan sendiri. Akses yang lebih mudah dari yang lain-lain, sehingga diberikan lah kita kesempatan untuk meningkatkan atau membeli sesuatu yang mungkin jika pada saatnya kita belum bisa tapi dibeli secara mengangsur, saya bersyukur betul.” ungkapnya.

“Alhamdulillah sekarang pola-polanya berangsur-angsur menuju yang lebih syar’i. Alhamdulillah akses yang diberikan oleh KPRI UNDIP sangat-sangat bermanfaat, itu kemudian dilaksanakan dengan cara yang benar.” sambung Prof. Yos.

Dalam pengambilan keputusan, Prof. Yos berharap KPRI UNDIP agar selalu mengutamakan musyawarah mufakat. “Nanti jika sudah terbentuk pengurus yang baru, jika ada hal-hal kekurangan regulasi, mungkin kekosongan regulasi yang mengatur tentang kepengurusan, utamakan yang pertama adalah musyarawarah yang mufakat, karena itu adalah semangat yang diajarkan orang tua kita dalam menangani suatu masalah.” harapnya.

Lebih lanjut Prof. Yos berpesan agar di dalam kepengurusan KPRI UNDIP terjadi regenerasi pengurus. “Beri kesempatan pada generasi muda, beri kepercayaan pada mereka. Insyaallah tongkat estafet ini akan berhasil dan mereka mempunyai sifat yang bertanggung jawab atas segala kepercayaan yang kita berikan.” tambahnya.

Selain itu, Prof. Yos menambahkan bahwa pengurus yang baru diharapkan dapat menimba ilmu pada pengurus yang lama yang sudah meletakkan nilai dasar Koperasi yang benar dan aman. “Belajarlah pada pengurus yang lama yang saya nilai bagus sekali, meletakkan dasar-dasar Koperasi yang benar, meletakkan dasar-dasar Koperasi yang aman dan nyatanya seperti itu. Keuntungan masih di dapat, dimana saat ini banyak perusahaan yang bangkrut, dan KPRI UNDIP diberi Allah SWT kenikmatan dan ridho untuk bisa mendapatkan keuntungan yang bermanfaat bagi kita semua.” pungkas Prof. Yos.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang Drs. Agus Wuryanto, M.Si., yang diwakili oleh Kepala Sub Koordinator Pemeriksa Kelembagaan dan Usaha Koperasi Bejo Imam Suroso, S.E., M.M., mengungkapkan apresiasinya terhadap kegiatan ini. “Kami atas nama Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengurus, pengawas, karyawan, dan anggota KPRI UNDIP yang dapat menyelenggarakan RAT secara tepat waktu.” jelasnya Bejo.

Bejo menambahkan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang berharap pada RAT ini dapat difokuskan untuk mengkaji dan mengevaluasi pertanggung jawaban pengurus dalam melaksanakan kegiatan yang tertuang dalam program kerja dan rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi yang telah ditetapkan pada RAT pada tahun sebelumnya.

“Sehingga benar-benar dapat diketahui apakah pengelolaan koperasi sudah sesuai dengan kriteria yang benar dan terukur atau tidak. Dengan tujuan hasil dari kajian dan evaluasi tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk menyusun program kerja dan anggaran tahun 2022.” tambahnya.

Pada RAT ini juga disediakan beberapa hadiah dengan hadiah utama yaitu 6 unit sepeda motor dan hadiah lainnya berupa Voucher belanja.