Semarang-Universitas Diponegoro membuka kesempatan kepada siswa berbakat dan berprestasi untuk mendaftar melalui jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB). Pendaftaran calon mahasiswa Undip melalui jalur SBUB dibuka hingga 20 Maret 2022. “Kami memahami bilamana dalam 2 tahun ini, event kejuaraan sangat terbatas. Nah, kami menginfokan bagi siswa bahwa di Undip membuka jalur pendaftaran bagi siswa berbakat. Segera mendaftar, pendaftaran melalui jalur SBUB dibuka sampai dengan 20 Maret 2022.”, terang Dr. Paramita Prananingtyas, S.H., L.L.M. yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) Undip dalam wawancara pada Rabu (9/3/2022).

Lebih lanjut Dr. Paramita menjelaskan Seleksi Bibit Unggul Berprestasi atau yang disingkat dengan SBUB adalah jalur seleksi masuk program Sarjana (S1) dan Vokasi (termasuk PSDKU) Undip berdasarkan prestasi bakat atau keterampilan selama SMA/MA/SMK/MAK pada skala nasional maupun internasional dan untuk provinsi minimal juara 1.

SBUB ini merupakan kesempatan emas bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi juara 1 sampai dengan 3 untuk tingkat nasional dan internasional, serta juara 1 untuk tingkat provinsi. Calon mahasiswa memiliki peluang yang besar untuk menjadi calon mahasiswa Undip dengan mengikuti tes sesuai dengan bakat dan keterampilan mereka saat masih di SMA/MA/SMK/MAK.

Adapun persyaratan untuk mendaftar SBUB antara lain: lulusan 3 tahun terakhir dari SMA/MA/SMK/MAK yakni lulus tahun 2020,2021,2022. Kemudian memiliki nilai rapor per semester 70 (skala 100), lulus ujian sekolah, tidak pernah tinggal kelas, serta pilihan program studi sesuai persyaratan asal SMA/MA/SMK/MAK.

Sementara informasi yang berkaitan dengan tata cara mendaftar, persyaratan berkas yang harus dikumpulkan, serta informasi lembaga penyelenggara yang menggelar kejuaraan di bidang olah raga, seni, saintek, sosial, humaniora dan keagamaan dapat diakses pada laman: pmb.undip.ac.id.

Sebelumnya Undip telah membuka pendaftaran calon mahasiswa baru jalur SNMPTN 2022 yang ditutup pada tanggal 28 Februari 2022 pukul 15.00 wib. Jumlah peminat melalui jalur SNMPTN mengalami peningkatan. Sebelumnya peminat yang mendaftar Undip pada SNMPTN tahun 2021 berjumlah 30.763. SNMPTN 2022 peminat naik menjadi 34.923 sudah termasuk dari program KIP (Kartu Indonesia Pintar) sebanyak 1.603. Adapun animo pendaftar untuk program Soshum, urutan pertama jurusan S1 Psikologi, kedua jurusan S1 Hukum dan ketiga jurusan S1 Manajemen. Sementara untuk Saintek, peminat terbanyak pertama yakni jurusan S1 Kesehatan Masyarakat, kedua jurusan S1 Kedokteran dan ketiga jurusan S1 Keperawatan. (Ut-Humas)