Belum lama ini Rektor Universitas Diponegoro (Undip) melantik pengurus Organisasi Mahasiswa (Ormawa) tahun 2022, di Ruang Sidang BAA Lt. 2, Gedung SA-MWA Tembalang pada Rabu,(16/3). Acara pelantikan dilaksanakan secara luring dan daring. Pelatikan dihadiri oleh Ketua Senat Akademik, Ketua Majelis Wali Amanat, para Wakil Rektor, para Dekan Fakultas dan Sekolah beserta Wakil Dekan. Juga Direktur Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Wakil Direktur Kemahasiswaan dan Alumni, Dosen Pembimbing UKM dan undangan lainnya.

Acara diawali dengan laporan Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D., yang menyampaikan bahwa organisasi mahasiswa (ormawa) tingkat universitas terdiri dari: Senat Mahasiswa (SM) Undip, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Undip, dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Undip. Adapun jumlah UKM sebanyak 48, terdiri dari: kelompok UKM Antar Bidang : 4, UKM Olah Raga Air, UKM Olah Raga Bela Diri : 9, UKM Olah Raga Permainan : 12 ,UKM Kesenian : 7, UKM Penalaran : 5, dan UKM Kesejahteraan : 10 UKM. Dilanjutkan dengan pembacaan SK Pengangkatan Pengurus dan Ikrar Pengurus Ormawa.

Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan seluruh pengurus ormawa Periode Tahun 2022. “Saya ucapkan selamat untuk pengurus yang dilantik hari ini. Ikrar adalah janji, tidak jauh berbeda dengan sumpah, maka sebagai orang yang percaya kepada Allah SWT, maka tidak lain dan tidak bukan, tugas kita adalah melaksanakan isi ikrar itu, sebagaimana banyak disampaikan, umat yang baik, umat yang utama adalah umat yang paling banyak manfaatnya untuk orang lain. Maka saya harapkan bahwa Senat, BEM, maupun UKM ini mampu menjadi sosok organisasi dan sosok pribadi yang kemudian mampu untuk menjadi manfaat, tidak hanya pada umat manusia, tapi juga alam semesta.” ucap Prof. Yos.

Lebih lanjut Prof. Yos berpesan kepada seluruh pengurus baru ormawa, untuk menjaga nama baik dan nama besar Universitas Diponegoro. “Kegiatan yang dijalankan harus benar-benar kegiatan yang bermanfaat, terukur dan direncanakan dengan baik. Sehingga hal itu akan menambah harumnya nama Universitas Diponegoro. Universitas Diponegoro adalah tempat kita bersama, tempat dimana anda ditorehkan dalam hati dan pikiran anda, jiwa-jiwa ilmu-ilmu, dan pengetahuan, serta keterampilan-keterampilan. Mencoreng Universitas Diponegoro sama saja mencoreng diri anda sendiri. Maka oleh karena itu, saya mohon juga, Saudara mampu menjaga nama baik dan nama besar Universitas Diponegoro” pesan Prof. Yos.

Acara dilanjutkan dengan perkenalan Pengurus Inti BEM 2022, oleh Ichwan Nugraha Budjang. “Sebagai mahasiswa Undip yang mengamalkan nilai-nilai kediponegoroan yakni jujur, berani, adil, dan peduli serta memiliki karakter berani, berintektual, dan memiliki daya nalar kritis sudah sewajarnya berperan sebagai rasi pembaharu. Rasi Pembaharu merupakan nama kabinet yang kami gunakan di periode ini, nama ini yang menunjukan semangat dan optimisme untuk melakukan perubahan yang mengarah pada kemajuan. Melalui gerak kontributif-kolaboratif kami hadir untuk bersinergi membangun harapan baru untuk kejayaan Undip, harapan baru untuk kemajuan Undip. Dengan sebuah Visi yakni BEM Undip 2022 sebagai Ruang Akselerator Pembaharuan yang kontributif-kolaboratif untuk Undip dan Indonesia. Besar harapan kami bahwa BEM Undip dapat hadir bermanfaat, dan berdampak lebih luas lagi” ucapnya

Adapun perkenalan Pengurus Inti Senat Mahasiswa dan UKM 2022 disampaikan oleh Ketua SM 2022, Doni Pratama Siregar yang mengajak untuk bekerja ikhlas dan paripurna demi melakukan tugas pelayanan bagi seluruh mahasiswa Undip.

“Senat Mahasiswa sebagai organisasi legislatif di tingkat Universitas tentunya mempunyai peran-peran yang strategis dalam perumusan kebijakan di lingkup kemahasiswaan. Sebagai organ legislatif, kami mempunyai 4 fungsi yang melekat, yaitu fungsi legislasi, fungsi anggaran, fungsi pengawasan dan fungsi aspirasi. Maka dari itu, saya mengajak rekan-rekan semuanya untuk berkolaborasi bersama untuk mewujudkan organisasi kemahasiswaan Undip tahun 2022 yang prestatif, pro-aktif dengan tetap menjunjung tinggi kemanfaatan kegiatan yang dilakukan oleh organisasi kemahasiswaan. Mari kita wujudkan kemanfaatan yang menyeluruh kepada seluruh mahasiswa Undip, karena saya pernah membaca buku Self Driving yang ditulis oleh Rhenald Kasali, mengatakan bahwa tanggung jawab seorang pemimpin yang pertama adalah menjelaskan kenyataan yang ada, tanggung jawab yang terakhir adalah mengucapkan terima kasih. Diantara pertama dan terakhir itu, pemimpin akan menjadi seorang pelayan kepada seluruh konstituennya. Oleh karena itulah, saya mengajak seluruh rekan-rekan seperjuangan untuk bekerja ikhlas dan paripurna demi melakukan tugas pelayanan bagi seluruh mahasiswa Universitas Diponegoro.” pungkasnya (As)