Suatu kebanggaan bagi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) UNDIP mendapat kepercayaan untuk bekerjasama kembali dengan Lembaga Pengembangan, Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPNV) Jawa Timur dalam menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi Dosen Luar Universitas Diponegoro Batch 2 Tahun 2022 selama 6 (enam) hari pada tanggal 21 s.d 26 Maret 2022. Pelatihan yang dilaksanakan secara daring via Zoom Meeting ini diikuti sebanyak 110 peserta.

Pada kutipan laporan Kepala BPSDM Senin (21/3), Ir. Mochamad Arief Budiharjo, S.T. M.eng.Sc, Env. Eng, Ph.D., IPM menyebutkan “backgroud pelatihan ini berdasarkan pada UU No. 14 Th. 2005 pasal 1 butir 2 yang menyatakan bahwa dosen hendaknya mampu melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dan ilmuwan yang profesional”. Sehingga untuk mempersiapkan dosen agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik diperlukan suatu pelatihan yang dapat memberikan bekal bagi dosen untuk melaksanakan tugasnya sehari-hari. “Teknik penyelenggaraan pelatihan PEKERTI menggunakan pola 60 jam mengikuti panduan dari kementerian, ditambah dengan penyesuaian terkait dengan perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia” imbuhnya.

Apresiasi ucapan terimakasih kepada Kepala Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UPN Veteran Jawa Timur, Prof Dr. Indrawati Yuhertiaana, MM. Ak., CA., CMA dan Kepala Pusatnya Dr. I. Nyoman D. Pahang Putra, S.T., M.T. yang telah menilai dan memilih BPSDM Undip untuk menjadikan mitra kemudian bisa sharing terkait pembelajaran pelatihan PEKERTI disampaikan oleh Wakil Rektor Sumber Daya Prof. Dr.rer.nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T. dalam sambutannya sebelum membuka acara.

Beliau juga menyampaikan “jika merujuk pada UU Guru Dosen No. 14 Th 2005, sebagai dosen ada 2 (dua) posisi penting yang harus diemban, pertama sebagai pendidik profesional dan kedua sebagai ilmuwan. PEKERTI ini merupakan suatu media atau salah satu tools yang mensupport kita agar bisa menjadi pendidik profesional. Menilik sebagai karier dosen utamanya terkait raihan jabatan fungsional atau jabatan akademik diawal-awal karier sebagai dosen, pada saat dosen itu muda begitulah. Maka yang dikembangkan itu adalah kapasitas dosen tersebut sebagai pendidik profesional.”

“Maksudnya Lebih banyak atau strenght pointnya dosen itu di pendidik profesional ketika kemudian dosen tersebut mengusulkan asisten ahli, lektor. Point – point yang dinilai itu lebih banyak ke unsur pendidikan daripada unsur penelitiannya. Diawal-awal memang lebih didesain untuk dititikberatkan sebagai pendidik profesional, yang output atau endingnya adalah nanti salah satunya itu sertifikasi dosen. Jadi dengan mendapatkan sertifikasi dosen merupakan salah satu indikator, bukan satu-satunya indikator kalau dosen sudah menjadi sebagai pendidik profesional. PEKERTI ini memberikan bekal bagi kita, wawasan atau pengetahuan bagi kita terutama terkait memberikan usaha-usaha bagi dosen tentang pembelajaran lebih baik”, jelasnya.

Rangkaian agenda pelatihan PEKERTI di hari I (pertama) dengan penyajian materi di awal acara membahas Teori Belajar dan Motivasi disampaikan oleh Dr. I Made Bayu Dirgantara, M.M. Untuk sesi selanjutnya Etika Pembelajaran bersama Dr. Andriyani, S.E., M.M. Pada hari ke II (Dua) diisi pemateri Dr. Hari Susanta Nugraha, M.Si. dengan judul Pembelajaran Masa Kini; Taksonomi Tujuan Pembelajaran oleh Dr. Vivi Endar Herawati, M.Si selanjutnya diteruskan materi Analisis dan Kompetensi Pembelajaran disampaikan Dr. Bambang Cahyono, M.S. Pada hari III (ketiga) Metode Pemberian Tugas disajikan Dr. Vivi Endar Herawati, M.Si.; Model-Model Pembelajaran Inovatif oleh Dr. Hari Susanta Nugraha, M.Si. dan sesi Menyusun Rancangan Pembelajaran (RPS) disajikan Dr. Bambang Cahyono, M.S.

Hari VI (empat) membahas Penyusunan Analisis dan Kompetensi Pembelajaran oleh Dr. Bambang Cahyono, M.S., dilanjutkan materi Merancang Penilaian Hasil Belajar dan Ragam Media Pembelajaran oleh Dr. Aris Triwiyatno, M.T. Untuk hari V (lima) dengan pemateri Dr. Andriyani, S.E., M.M. mengisi Dasar Komunikasi dalam Mengajar & Pengantar Mengajar/ Microteaching oleh Dr. Ismi Darmastuti, S.E., M.Si. Materi di hari terakhir diisi oleh Dr. Bambang Cahyono, M.S. &  Dr. Aris Triwiyatno, M.T dengan judul Menyusun RPS untuk Satu Mata Kuliah. Acara pungkasan pelatihan PEKERTI berupa presentasi dan evaluasi  tugas dari para peserta UPN Veteran Jawa Timur. (Diah-Humas)