Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik (FT) Universitas Diponegoro (Undip) telah sukses menggelar Webinar Purna Tugas pada Jum’at (25/03) pukul 13.30 WIB secara hybrid di Ruang Sidang Gedung B Lantai 3 Departemen Teknik Kimia FT Undip dan melalui platform Zoom meeting serta live streaming kanal Youtube UndipTV.

Webinar ini diselenggarakan dalam rangka menghormati guru besar dari Departemen Teknik Kimia FT Undip yang telah resmi memasuki masa purna tugas. Guru besar tersebut ialah Prof. Dr. Ir. Bambang Pramudono, M.S. Selain itu, webinar purna tugas ini merupakan webinar purna tugas pertama kali yang digelar oleh Departemen Teknik Kimia FT Undip.

Dekan FT Undip Prof. Ir. Mochamad Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph.D., saat memberikan sambutan, menyatakan rasa terima kasih atas pengabdian dan kontribusi yang telah diberikan Prof. Bambang. “Jadi betul-betul Prof. Bambang sudah menjadi role model dan menjadi panutan yang bagi kami semua yang ada disini. Kami mengucapkan terima kasih atas semua kontribusi Prof. Bambang.” ucap Prof. Agung.

Prof. Agung menambahkan webinar ini merupakan salah satu penghormatan yang diberikan kepada Prof. Bambang dan berharap tali silahturahmi tetap terjaga. “Webinar ini sebagai salah satu penghormatan yang luar biasa kami berikan kepada Prof. Bambang beserta keluarga dan kami harapkan silahturahmi tetap terjaga.” terang Prof. Agung.

Ketua Departemen Teknik Kimia Prof. Dr.Ing. Suherman, S.T., M.T., saat membuka webinar purna tugas mengungkapkan kontribusi yang tak terhingga yang telah diberikan Prof. Bambang. “Berkat bimbingan dan dorongan beliau, saat ini jumlah dosen Teknik Kimia Undip dengan jabatan fungsional guru besar sebanyak 21 orang dari total 34 dosen. Beliau juga selalu mendorong agar para dosen Teknik Kimia Undip terus mengembangkan jiwa kepemimpinan. Hasilnya 60% lebih dosen Teknik Kimia Undip mendapatkan tugas tambahan sebagai pimpinan, baik di tingkat fakultas, lembaga, maupun universitas,” jelasnya.

“Di bidang organisasi, berkat bimbingan beliau saat ini Departemen Teknik Kimia telah memiliki 3 Program Studi, yakni S1 Teknik Kimia, S2 Teknik Kimia, dan S3 Teknik Kimia, baik kelas reguler maupun internasional. Dan masih banyak lagi jasa beliau bagi kemajuan dan pencapaian Departemen Teknik Kimia Undip.” sambung Prof. Suherman.

Prof. Dr. Ir. Bambang Pramudono, M.S., menyampaikan pidato purna tugas dengan judul Refleksi Masa Pengabdian sebagai Motivasi dan Inspirasi Generasi Penerus Teknik Kimia. Menurutnya, berdasarkan masa pengabdian yang telah di lalui selama kurang lebih 47 tahun, telah menghasilkan beberapa gagasan yang dapat digunakan untuk memajukan Teknik Kimia, yakni para alumni memberikan ilmu dan pengalamannya kepada mahasiswa atau back to campus, menjadi pionir atau pelopor, mengejar bidang yang orang lain belum menekuni, dan mengukur keberhasilan dalam meniti karir.

Prof. Bambang menambahkan ada beberapa sumbangan pemikiran yang perlu direnungkan bersama, yaitu mengubah paradigma penelitian, meningkatkan SDM dosen yang unggul dan kontributif, kontribusi yang konkrit di Science and Techno Park Undip, menentukan jati diri, dan peran disiplin Teknik Kimia ke depannya. (Dhany-Humas)