Bagi peserta yang belum lolos jalur SNMPTN 2022, jangan berkecil hati, masih banyak kesempatan masuk perguruan tinggi negeri pada jalur yang lain. Masih bingung pilih program studi? Berikut ulasan singkat dengan mengambil contoh Universitas Diponegoro.

“Pilihan tepat program studi yang akan diambil siswa sebaiknya didiskusikan dengan orang tua. Mengapa? Karena sangat menentukan kehidupan siswa 40 tahun yang akan datang” demikian diungkapkan oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Diponegoro. Prof Faisal, S.E., M.Si., Ph.D. dalam wawancara pada Senin (4/4/2022).

“Sebagai contoh, Universitas Diponegoro telah menerapkan kurikulum berbasis outcome (OBE) dan Kampus Merdeka Belajar. Enam puluh persen lebih sistem pembelajaran didasarkan pada Project Based Learning dan studi kasus, sehingga para mahasiswa akan lebih didekatkan pada dunia nyata. Setelah lulus, mahasiswa bisa meneruskan S2/S3, dengan catatan mereka nantinya menjadi peneliti atau dosen, atau menjadi pegawai, baik negeri maupun swasta, bisa juga meneruskan usaha orang tua atau menjadi wirausahawan baru. Nah, semua hal yang berhubungan dengan kebutuhan pasar kerja tersebut menjadi acuan utama sistem pembelajaran di Perguruan Tinggi”, jelas Prof. Faisal.

“Semua test, baik yang sifatnya nasional (SNMPTN dan SBMPTN), maupun yang dikelola universitas, yakni Ujian Mandiri, sifatnya adalah prediktif, artinya hasil test menjamin calon mahasiswa tidak akan menemui kendala selama empat tahun belajar di Perguruan Tinggi. Caranya bagaimana? Cari informasi mengenai prodi yang ingin Saudara ambil dari web, diskusikan kurikulumnya dengan guru, orang tua atau kenalan yang lebih dahulu belajar di program studi Perguruan Tinggi tersebut”, pungkasnya.

Untuk tahun ini Universitas Diponegoro siapkan lebih dari 34.000 kursi untuk test UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer) tahun 2022. Tersedia 2200 PC untuk pelaksanaan UTBK. Undip termasuk penyedia komputer terbanyak untuk pelaksanaan UTBK. Info lengkap untuk PMB  Undip dapat diakses di laman: pmb.undip.ac.id. (Ut-Humas)

sumber foto: https://pmb.undip.ac.id/