Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro bekerjasama dengan Eduframers Foundation menjalin program magang bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakat mereka pada bidang agrikultur demi menciptakan pemimpin masa depan sektor agrikultur Indonesia, dengan menciptakan peternak/petani milenial baru. Program ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat meningkatkan keahlian soft/hardskill yang sangat bermanfaat bagi karir di masa depan, agar mahasiswa dapat lebih produktif sesuai minat bakat yang diminati.

Saat memberikan Sosialisasi Program Bertani untuk Negeri (BUN) Batch 4 Program Ayam Broiler dan Ayam Layer pekan lalu, Yahja Djanggola (Chairman Edufarmers Foundation)  menyampaikan saat ini Indonesia menghadapi dua tantangan terkait pengembangan anak muda dan sektor agrikultur, yaitu produktivitas agrikultur Indonesia yang ternyata lebih rendah dari potensinya, sehingga menurunkan indeks ketahanan pangan Indonesia. Sedangkan persoalan lainnya yakni Indonesia membutuhkan lulusan yang lebih siap kerja untuk menjadi wirausaha dan pemimpin masa depan.

Melalui kerjasama ini, FPP Undip juga berharap agar dapat memberikan manfaat menanamkan kecintaan dan antusiasme kaum muda terhadap dunia pertanian dan meningkatkan keahlian dan kompetensi kaum muda untuk semakin menyesuaikan tuntutan zaman modern sebagai profesional maupun wirausaha.

Bertani untuk Negeri (BUN) adalah sebuah program inisiatif dari EduFarmers Foundation untuk mengembangkan sektor agrikultur Indonesia melalui peningkatan produktivitas pertanian, khususnya pertanian rakyat. Hal ini dilakukan melalui pelatihan dan pendampingan bagi para petani untuk meningkatkan kapasitas diri mereka serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi mereka dalam bertani. Program ini didesain untuk mempertemukan generasi muda dengan para petani dengan harapan terjadi transfer ilmu pengetahuan dan teknologi dari dunia akademik dan/atau industri kepada para petani rakyat supaya terjadi peningkatan produktivitas.

BUN Program Ayam Broiler  ditempatkan di area Jawa Tengah (4 Februari-5 Agustus 2022) dan BUN Program  Ayam Layer di tempatkan di area Jawa Timur (Blitar dan Trenggalek) mulai tanggal 7 Februari sampai dengan 29 Juli 2022. (Timred FPP, Lin-Humas)