Site icon Universitas Diponegoro

Penerimaan Mahasiswa Baru SBUB UNDIP Hargai Peserta Multikultural

Pada tahun 2022 ini Universitas Diponegoro (Undip) kembali menerima calon mahasiswa baru lewat jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB). Berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Diponegoro Nomor 1 Tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru, SBUB merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru Undip dalam bentuk praktek yang secara khusus diperuntukan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi unggul di bidangnya.

Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., menyatakan bahwa tujuan diadakannya SBUB adalah untuk menjaring siswa yang berpotensi untuk kelak turut berperan dalam menjunjung nama dan panji-panji almamater dalam berbagai jenis perlombaan di tingkat nasional dan internasional. Peserta yang mendaftar adalah siswa yang memiliki prestasi minimal juara 1 tingkat provinsi. Calon mahasiswa bisa memilih dua program studi sesuai dengan jurusan dari SMA/MA yaitu IPA/IPS/Bahasa.

“Mahasiswa yang terseleksi lewat jalur SBUB dituntut untuk terus berprestasi dalam cabangnya masing-masing setelah menjadi mahasiswa (selain kuat dalam bidang akademisnya) dan memberi kontribusi nilai pemeringkatan Universitas” ujar Prof. Yos.

Berdasarkan rekap yang dilakukan oleh bagian admisi Undip, pada tahun 2022 ini tercatat terdapat 2.345 pendaftar dan 830 diantaranya lolos tahap II untuk mengikuti tes bakat dan wawancara. Bagi mereka yang lolos akan diumumkan hasil akhirnya pada tanggal 26 April 2022.

Adapun jenis prestasi yang dinilai dapat meliputi salah satu dari kejuaraan kecabangan Saintek (seperti lomba olimpiade fisika, kimia, matematika dan biologi, lomba robotika, lomba roket), Soshum (seperti lomba olimpiade sosial, lomba debat Bahasa Inggris, dan lomba kompetisi bisnis), keagamaan (seperti hafalan Al Quran dan kitab suci lain), Seni (seperti lomba fotografi, lomba vocal suara, dan lomba lukis), dan Olahraga (seperti lomba karate, pencak silat, dan tenis lapangan). Khusus kecabangan keagamaan, pendaftar tahfidzul/ hafalan Al Quran, dan hafalan kitab suci lainnya akan diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi sesuai dengan tahapan yang ada.

Exit mobile version