Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) kembali sukses mengukir prestasinya dalam bidang keagamaan. Kali ini adalah Agil Munawar Fuady, mahasiswa jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik (FT) Undip angkatan 2019 berhasil mendapat juara pertama kategori tausiah dalam kegiatan Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) ke-52 Tahun 2022 yang digelar Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Semarang pada Sabtu (02/04).

Dalam tausiyahnya, Agil membawakan materi yang berjudul Pembentukkan Karakter Generasi Muda Menuju Kejayaan Bangsa. Dengan materi ini, Agil berhasil tampil memukau di depan para dewan juri, sehingga ia berhasil keluar sebagai juara pertama pada kategori tausiah dengan nilai 79 poin.

“Saya berlatih semaksimal mungkin sembari mempersiapkan sarana prasarana yang dibutuhkan seperti tripod dan handphone dikarenakan lombanya diselenggarakan secara virtual. Alhamdulillah pada saat Hari H perlombaan saya bisa tampil maksimal dan mendapatkan juara 1.” ucap Agil.

Selain itu, Agil juga menjadi duta/perwakilan RRI se-Jawa Tengah dan DIY yang akan dikirim untuk mengikuti lomba PTQ LPP RRI tingkat nasional di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Nangroe Aceh Darussalam, pada 13 April 2022. “Setelah mendapatkan juara 1 lomba tausiah pada PTQ LPP RRI Semarang, saya melanjutkan ke tingkat Korwil. Saya kembali berlomba menghadapi 3 Perwakilan dari Juara 1 tausiah dari KORWILNUS XI Yogyakarta yang anggotanya adalah RRI Yogyakarta, RRI Surakarta, RRI Semarang, dan RRI Purwokerto.” terangnya.

“Alhamdulillah saya mendapat juara 1 lagi. Sehingga saya harus melanjutkan di tingkat Nasional yang saat ini baru saya laksanakan di Takengon. Mohon do’anya agar dapat masuk ke babak final dan membawa pulang piala ke Semarang.” sambung Agil.

Sebelumnya, Agil juga telah mengukir banyak prestasi di tingkat nasional. Prestasi tersebut ialah Juara 2 lomba MSQ pada MTQ Nasional XXVIII di Padang Sumatera Barat Tahun 2020, Juara 1 lomba Rebana Modern pada Najwa Fest UPGRIS Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019, Juara 1 lomba Rebana pada PTQ LPP RRI Semarang Tahun 2019, Juara 1 lomba Da’i Kamtibmas pada Porsimaptar Akpol Tingkat Nasional Tahun 2017, Juara 3 Lomba MSQ pada MTQ Nasional XXIII di Ambon Maluku Tahun 2012, dan 10 Besar pada PILDACIL ANTV Tahun 2011.

Selain menjadi mahasiswa Arsitektur FT Undip, Agil juga aktif sebagai musisi Gambus. Pada tahun 2020, Agil dan beberapa temannya membentuk grup Gambus Zabarjada Arabic Music Entertaiment Semarang. Grup musik ini biasa membawakan lagu bergenre arabic seperti sholawat, gambus, dan qasidah. “Kami biasanya tampil untuk menghibur pada acara pernikahan, walimatul khitan, pengajian, dan acara keagamaan lainnya. Alhamdulillah meski baru berjalan 2 tahun tapi sudah lumayan banyak job dan pengalaman perform kami. Kami sudah pernah perform di daerah Semarang, Demak, Kudus, Jepara, Ungaran, dan yang paling jauh di Bogor.” ungkapnya.

Agil menjadi salah satu contoh mahasiswa Universitas Diponegoro yang meraih prestasi di luar bidang akademik. “Bagi yang memiliki hobi atau keahlian baik di bidang akademik maupun di luar bidang akademik harus selalu diasah dan dikembangkan. Selain itu juga harus meningkatkan kepercayaan diri dan fokus pada bidang yang dirasa nyaman, jangan mudah iri dan tergiur dengan kesuksesan orang lain, karena setiap manusia pasti punya jalur dan ukuran kesuksesannya masing-masing.” pungkas Agil.

Kegiatan PTQ ke-52 LPP RRI Semarang Tahun 2022 yang mengangkat tema “Rahmat Semesta, Pulih Bersama, Bangkit Perkasa” ini memperlombakan 4 macam kegiatan yaitu tilawah, tausiah, tahfidz qur’an, dan tartil qur’an sensorik tunanetra putra. Penyelenggaraan PTQ ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom meeting dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube RRI Semarang. Kegiatan ini menjadi rangkaian awal dari kegiatan Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) ke-52 Tahun 2022 yang digelar oleh LPP RRI. (Dhany-Humas)