Dalam upaya mewujudkan visi Universitas sebagai World Class University, Universitas Diponegoro (UNDIP) menyelengarakan Collaborative Online International Learning (COIL) / Virtual Exchange (VE) 2022 bersama University of Santo Tomas (UST) Manila di Filipina dengan dukungan penuh dari European Union Support to Higher Education in The ASEAN Region (SHARE). Program ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kemahasiswaan termasuk bagi para mahasiswa domestik dan juga internasional.

Kegiatan COIL/VE 2022 telah dimulai pada Rabu, 06 April 2022 dengan topik Pattern Recognition/Data Mining yang dikelola oleh Departemen Ilmu Komputer Fakultas Sains dan Matematika UNDIP berkolaborasi dengan Department of Computer Science UST. Sebanyak 20 mahasiswa dari UNDIP dan 20 mahasiswa dari UST memulai kegiatan perkuliahan secara online hingga tanggal 11 Mei 2022. Kegiatan ini dipandu oleh Dr. Eng. Adi Wibowo, S.Si, M.Kom (UNDIP) untuk topik Pattern Recognition dan Dr. Donata Acula, Mr. Jeffrey Bayani (UST) untuk topik Data Mining.

Dalam Program COIL/VE ini, mahasiswa mempelajari dasar-dasar pengenalan pattern recognition dan data mining, serta hubungannya dengan permasalahan-permasalahan yang ada. Tujuan utama pembelajaran ini adalah untuk dapat mengidentifikasi data serta bagaimana pengenalan pattern recognition dan data mining dapat diterapkan. Para mahasiswa juga mempelajari aplikasi pattern recognition dan data mining pada permasalahan komputer klasik yang spesifik tidak hanya di Indonesia namun juga di Filipina (misalnya: analisis sinyal dalam suara dan geosignal, pemrosesan visual pada data penginderaan jauh/satelit, data medis dan diagnosis, dll).

“Kegiatan SHARE merupakan salah satu program bersama dengan para mitra dari ASEAN yang sudah berlangsung sejak beberapa tahun sebelumnya. Pada semester genap di tahun 2022 ini, terdapat 3 program studi di Undip yang melangsungkan kegiatan COIL SHARE bekerjasama dengan University of Santo Tomas di Filipina.” ujar Anggun Puspitarini Siswanto, ST, PhD selaku Kepala Kantor Urusan Internasional UNDIP dalam Welcoming Remarks kegiatan COIL SHARE Pattern Recognition/Data Mining. Adapun sambutan dari perwakilan UST diberikan oleh Dr. Donata Acula, “We hope that this programme could strengthen our collaborations not only for the students but also for the academics”.