Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., baru saja meresmikan Masjid Abdurrahman Undip yang bertempat di samping Rektorat Gedung Widya Puraya, kampus Undip Tembalang pada Selasa (19/04) pukul 17.00 WIB. Acara peresmian ini turut dihadiri oleh Para Wakil Rektor, Ketua Senat Akademik, Ketua Majelis Wali Amanat, dan Para Pejabat di lingkungan Universitas Diponegoro.

Dalam sambutannya, Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., mengungkapkan penamaan Masjid Abdurrahman terinspirasi oleh sosok Rasulullah dan juga Hadist, bahwa Allah SWT menyukai 2 nama yaitu Abdullah dan Abdurrahman. “Nama Abdurrahman saya teringat Rasulullah menjadi sosok yang ‘abdan syakura, hamba yang selalu bersyukur. Nah sekarang kita ingin menjadi hamba yang penyayang, Abdurrahman.” ungkapnya.

Kehadiran Masjid Abdurrahman diharapkan menjadi pemberi semangat kasih sayang kepada orang lain. “Spirit menyayangi orang lain, Insyallah selalu membawa Undip ke rel yang benar. Dan Alhamdulillah kita rasakan perkembangan Undip selalu meningkat. Maka dari itu semangat kasih sayang melandasi pembangunan masjid ini dan mudah-mudahan barokah.” terang Prof. Yos.

“Mari kita makmurkan bersama masjid ini. Kemakmuran masjid ini adalah ketika kita i’tikaf disini dan membaca Al-Qur’an. Semoga masjid ini sebagai pengingat bahwa kita sewaktu-waktu akan diminta pertanggungjawaban maka bekerja dengan sebaik-baiknya. Mlayu banter ning dunia yo oleh, tapi munggah banter ning dhuwur yo penting.” sambung Prof. Yos.

Sebelumnya, Wakil Rektor II Sumberdaya Prof. Dr.rer.nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T., dalam laporannya menjelaskan pembangunan Masjid Abdurrahman dimulai pada bulan Desember dan berlangsung kurang lebih selama 5 bulan. Selain itu, Masjid Abdurrahman mempunyai kapasitas sekitar 80 orang dan memiliki total luas 140m2.

Lebih lanjut, Prof. Heru berharap dengan hadirnya Masjid Abdurrahman akan semakin mendekatkan para pegawai Undip kepada Allah SWT dan menjadi pribadi yang sesuai dengan nama masjid tersebut. “Alhamdulillah kita mempunyai masjid, salah satu tempat kita mendekatkan diri kepada Allah SWT dan semoga dengan begitu memberikan keberkahan kepada kita atas segala aktivitas yang kita lakukan karena kita tentu saja yakin di atas prestasi-prestasi yang Insyaallah sudah kita raih itu ada campur tangan Allah SWT. Mudah-mudahan kita menjadi pribadi-pribadi yang sesuai dengan nama masjid yang diberikan itu.” ucap Prof. Heru.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis hibah dari Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. kepada Universitas Diponegoro berupa Al-Qu’ran besar sebanyak 10 buah, Al-Qu’ran per Juz sebanyak 10 buah, meja baca Al-Qu’ran sebanyak 10 buah, sarung sebanyak 10 buah, dan kursi salat sebanyak 3 buah. (Dhany-Humas)