Silaturahmi dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Khusus di momen puasa Ramadan ini, buka bersama menjadi salah satu agenda wajib untuk mempererat tali silaturahmi. Hal itu terlihat dalam acara buka puasa bersama (Bukber) Ikatan Alumni (IKA) Universitas Diponegoro (Undip).

Berlokasi di Sekretariat DPP IKA Undip, Menteng Jakarta, kegiatan yang diprakarsai Abdul Kadir Karding (Perikanan 92), mendapat respon positif dari Akhmad Muqowam (Ketua Umum DPP IKA Undip) dan alumni lainnya. Mengusung tema Buka Bersama IKA Undip, Bukber ini dihadiri lebih dari 100 alumni mulai dari angkatan sepuh, senior, dan alumni muda, beserta keluarga. Suasana bahagia dan kenangan lama kembali hadir di antara alumni.

“Alhamdulillah kegiatan ini dihadiri bermacam alumni mulai dari yang senior, angkatan 60 ada Pak Soeharsojo, dari angkatan 62 ada Pak Gunaeni, Pak Kodradi. Dari angkatan kami, ada Noor Rachamad (angkatan 79), dll.” ucap Karding, Ketua IKA Kerapu.

Sebagaimana tujuan utamanya yaitu mempererat tali silaturahmi, bukber ini juga menjadi wadah untuk saling mengenal antar generasi alumni Undip serta membangun jaringan. Kegiatan ini diisi berbagai aktivitas, seperti ceramah singkat memaknai bulan puasa, sambutan dari ketua acara dan Ketua DPP IKA Undip.

“Alhamdulillah kita telah sampai di bulan puasa, mari jadikan bulan ini penuh rahmat bagi kita. Sebagai alumni juga kita harus saling mendukung tidak hanya untuk kemajuan almamater kita, tetapi juga peran alumni kita dalam membangun negeri ini,” ujar Karding.

Keseruan yang seakan tidak ada habisnya dirasakan saat alumni mengungkit pengalaman masa lalu. Ada yang bercerita pengalaman masa perkuliahan, pengalaman pertama mencari pekerjaan, dan masih banyak lagi. Melalui kegiatan ini, Karding yang juga anggota DPR RI berharap berkah puasa dapat dirasakan oleh semua, silaturahmi terus terjalin, dan menjadi pembuka jalan bagi terbentuknya kolaborasi para alumni. “Saya berharap sesama alumni dapat mempererat hubungan, bahkan bisa menghasilkan kolaborasi yang bermanfaat bagi alumni maupun negara ini,” tutup Karding.

Sumber foto & berita: IKA UNDIP