Universitas Diponegoro (Undip) baru saja menggelar acara halal bihalal pada Senin (09/05) pukul 10.00 WIB secara daring/virtual melalui platform Zoom meeting. Walaupun acara digelar secara daring/virtual, namun tidak mengurangi rasa kekhidmatan acara halal bihalal tersebut yang memang sudah rutin digelar setiap usai bulan Ramadan.

Acara ini turut dihadiri oleh Rektor Undip, Ketua Majelis Wali Amanat, Ketua Senat Akademik, Para Wakil Rektor, Para Dekan Fakultas ataupun Sekolah beserta jajarannya, Ketua Dharma Wanita Persatuan Undip, Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa, dan Alumni Undip.

Acara halal bihalal kali ini diisi tausiah oleh Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Undip Prof. Drs. Mohamad Nasir, M.Si., Akt., Ph.D. Acara diawali dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an yakni QS Ali-Imron ayat 133-136 oleh mahasiswa Undip Fadhilah Khairunnisa.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H. “Saya mewakili jajaran pimpinan dan manajemen Universitas Diponegoro, mengucapkan mohon maaf atas segala kekhilafan, ketidaknyamanan, atau apapun yang tidak berkenan di hati bapak ibu sekalian, sehingga dengan niat tulus untuk membersihkan diri ini akan menjadi semangat besar dalam diri kita untuk selalu meningkatkan kinerja kita sebagai bagian dari ibadah kita. Dan saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bahu membahu selama ini yang kemudian bisa menghasilkan kualitas layanan Undip yang diakui baik nasional maupun dunia.” ucap Prof. Yos.

Selanjutnya, Prof. Yos menyampaikan bahwa setelah Hari Raya Idul Fitri tingkat ketaqwaan juga diharapkan terus meningkat. “Ketaqwaan itu diharapkan muncul dalam wujud kristalisasi yang nyata. Dalam bentuk wujud syukur, dalam bentuk wujud upaya untuk melakukan sesuatu yang lebih baik lagi.” ungkapnya.

Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa kita juga harus selalu bersyukur atas segala nikmat Allah SWT. “Dari sisi wujud rasa syukur, tentu kita sebagai civitas akademica Undip wajib bersyukur atas segala apa yang telah diberikan Allah SWT, baik yang berkaitan dengan peringkat-peringkat yang Alhamdulillah Undip selalu didalam 10 besar nasional dan masuk dalam peringkatan dunia. Disisi lain, dari wujud syukur itu kita wajib meningkatkan kualitas layanan kita.” tambah Prof. Yos.

Sementara itu, Prof. Nasir menyampaikan tausiah mengenai makna kegiatan halal bihalal yang telah menjadi tradisi secara turun temurun di Indonesia. “Di dalam kegiatan halal bihalal ini, tidak ada sesuatu yang kita harapkan kecuali kita saling memaafkan. Intinya kita saling memaafkan satu sama lain.” terangnya. Kemudian tausiah ditutup dengan doa yang dipimpin langsung oleh Prof. Nasir. (Dhany-Humas)

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Undip Prof. Drs. Mohamad Nasir, M.Si., Akt., Ph.D., saat menyampaikan tausiah di acara halal bihalal 1 Syawal 1443 H Keluarga Besar Universitas Diponegoro, Senin (09/05).