“Aspek-aspek penelitian yang bernilai baik meliputi konstektual, mengikuti kaidah penelitian ilmiah, tidak memojokkan suatu pihak atau kelompok masyarakat, bermanfaat untuk banyak pihak serta obyektif dan transparan” tutur Yohan Wahyu (Peneliti pada Penelitian dan Pengembangan/Litbang Harian Kompas Jakarta) dalam acara Kuliah Dosen Mata Kuliah Polling dan Opini Publik yang dilaksanakan oleh Departemen Politik dan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro (10/5)

Acara yang dimoderatori oleh Dr. Nur Hidayat Sardini, S.Sos., M.Si (Ketua Departemen Politik dan Ilmu Pemerintahan Fisip Undip) ini mengusung tema Metode Penelitian Jajak Pendapat, Survey, Exit Poll, dan Quick Count.

Lebih lanjut Yohan Wahyu menyampaikan metode pengumpulan data dapat melalui telepon karena cepat untuk memperoleh respon isu publik yang sedang berkembang, deskriptif/eksploratif, rumah tangga pemilik telepon (umumnya kelas menengah atas dan melek informasi). Selain itu dengan wawancara tatap muka langsung (relative lama, mendalam, mengungkap fenomena laten, eksplanasi/kausalitas, evaluasi, prediktif, dan rumah tangga/individu dari kelas bawah sampai dengan atas.

“Sedangkan ciri-ciri pertanyaan kuesioner penelitian yang baik antara lain jelas dan menggunakan bahasa yang sederhana, padat, spesifik, bisa dijawab, memiliki relevansi dengan responden, tidak menggunakan kalimat negatif, menghindari menggunakan termilogi yang bias, menghindari menanyakan dua hal sekaligus dalam suatu pertanyaan, dan tidak menggiring responden ke arah jawaban tertentu” terangnya. (Lin-Humas)

Share this :