Universitas Dipongoro dan perguruan tinggi negeri se-Indonesia akan serentak menggelar test UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) untuk jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2022. Pelaksanaan UTBK dilaksanakan dalam 2 gelombang. Gelombang 1 mulai tanggal 17-23 Mei 2022. Sedangkan Gelombang 2 dilaksanakan mulai tanggal 28 Mei s.d. 3 Juni 2022. Test UTBK dilaksanakan pagi dan siang, kecuali untuk yang memilih campuran. Total sesi untuk test gelombang 1 dan gelombang 2 adalah 28 sesi (14 hari).

Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D. berpesan untuk calon peserta test UTBK-SBMPTN 2022 agar mempersiapkan diri dan memperhatikan jadwal pelaksanaan test dan lokasi test UTBK di Undip. Jadwal pelaksanaan UTBK 2022 dapat di akses pada tautan https://utbk.undip.ac.id/jadwal-utbk/. Sementara untuk lokasi test UTBK di Universitas Diponegoro dilaksanakan di 2 lokasi yakni di kampus Undip Tembalang dan kampus Undip Pleburan. Terdapat 75 ruang untuk test UTBK yang lokasinya dapat dilihat melalui tautan https://utbk.undip.ac.id/lokasi-utbk/.

Prof. Faisal menambahkan, “saat ini, Undip memiliki lebih dari 2200 PC yang dapat digunakan untuk test UTBK”. Pada saat UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer) pertama kali dilaksanakan, Undip termasuk penyedia komputer terbanyak untuk pelaksanaan UTBK. Semua fasilitas adalah milik Undip (tidak dikerjasamakan dengan institusi lain). Ditambah pula ruang yang digunakan untuk pelaksanaan UTBK di kampus Undip yang berada di Tembalang maupun Pleburan semuanya ber-AC, sehingga nyaman dan tenang.

Selain jalur SNMPTN dan SBMPTN, Universitas Diponegoro membuka jalur peneriman mahasiswa baru yakni Seleksi Ujian Mandiri (IUP, SBUB dan UM). Info lebih lengkap dapat diakses melalui tautan https://pmb.undip.ac.id. (Ut-Humas)