Pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) hari kedua yang dilaksanakan di Kampus Universitas Diponegoro (Rabu, 18/5) secara keseluruhan prosesnya berjalan baik dan lancar. Calon peserta wajib membawa dokumen yang disyaratkan untuk mengikuti tes UTBK-SBMPTN 2022, antara lain Kartu Tanda Peserta Ujian, Fotocopy Ijazah SMA/SMK/MA atau yang sederajat dan sudah dilegalisasi (Ijazah Asli) atau SKL (Surat Keterangan Lulus) atau Surat Keterangan sedang kelas XII dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan Pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah, dan Kartu Identitas (Asli).

UTBK di kampus Undip masih tetap menerapkan protokol kesehatan, dengan pengecekan suhu badan, memakai masker, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan. Jumlah peserta disesuaikan kapasitas dan jumlah kursi pada masing-masing ruangan dalam setiap sesi. Sebelum memasuki ruangan, para peserta UTBK tampak tertib mematuhi protokol kesehatan dan tenang selama mengikuti jalannya ujian.

Menurut Arif Racman Hakim selaku pengawas ujian di Fakultas Sains Matematika mengatakan jumlah peserta di ruangan sebanyak 20 (dua puluh) peserta namun satu tidak hadir .

“Tidak ada kendala secara teknis, jaringan internet lancar, semua berjalan baik. Di awal masuk sebelum ujian, peserta diperiksa dengan Handheld Metal Detector dan cek suhu, kemudian pengawas mengecek  kelengkapan berkas” tuturnya.

Selama ujian berlangsung, peserta dilarang menanyakan jawaban soal kepada siapa pun, bekerjasama atau berkomunikasi (berbicara) dengan peserta lain, memberi dan atau menerima bantuan dalam menjawab soal ujian, memperlihatkan pekerjaan/jawaban sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan/jawaban peserta lain, meninggalkan ruang ujian selama ujian berlangsung, kecuali seizin pengawas ujian, menggantikan atau digantikan oleh orang lain. Apabila peserta melakukan kecurangan, yang bersangkutan akan dicatat dalam Berita Acara Pelanggaran Ujian (BAPU). (Lin-Humas)