Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022 yang dilaksanakan di Universitas Diponegoro pada hari ketiga berjalan lancar (Kamis, 19/5), tidak ada kendala atau permasalahan, berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan baik dalam hal penyelenggaraan tes, penerapan protokol kesehatan, maupun sistem keamanan ujian untuk mencegah terjadinya kecurangan. Tim kesehatan dari Rumah Sakit Diponegoro juga tampak bertugas di dua lokasi UTBK yakni  kampus Tembalang dan kampus Pleburan.

Pelaksanaan UTBK 2022 berlangsung sangat ketat bahkan mengantisipasi kecurangan. Beberapa upaya untuk mengantisipasi kecurangan ujian yakni pemberlakuan SOP bagi peserta  sebelum peserta masuk ke ruang ujian, antara lain pemeriksaan menggunakan alat metal detector dan pengawas mengingatkan agar peserta UTBK untuk tidak melakukan kecurangan, contek-mencontek, perjokian dan lain sebagainya, jika terjadi pelanggaran tersebut akan dicatat dalam Berita Acara Pelanggaran Ujian (BAPU).

Sementara para peserta UTBK yang melaksanakan ujian di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta Fakultas Ilmu Budaya Undip begitu antusias, seperti datang tepat waktu dan mengikuti tata tertib ujian. Ketika melaksanakan ujian di dalam ruangan para peserta tampak teratur, fokus pada soal ujian masing-masing, bersemangat dan percaya diri  saat mengerjakan tes.

Sesudah mengerjakan ujian UTBK para peserta UTBK diminta memastikan kembali identitas dan jawaban yang telah diisikan sebelum “klik” tombol selesai ujian, peserta UTBK tidak diperbolehkan meneruskan pekerjaan serta tetap duduk di tempat hingga bel tanda waktu ujian berakhir berbunyi.  Peserta UTBK dapat meninggalkan tempat ujian setelah diberi instruksi oleh Pengawas Ujian. (Lin-Humas)