Sebanyak 161 wisudawan dari program Bidikmisi turut dilantik pada Upacara Wisuda ke-166 Universitas Diponegoro yang digelar secara luring di Gedung Prof. Soedarto kampus Undip Tembalang dari tanggal 17 sampai dengan tanggal 20 Mei 2022.

Wisuda ini diikuti oleh sebanyak 1.504 orang wisudawan, yang meliputi program Doktor 25 orang, Magister 197 orang, Spesialis 50 orang, Profesi 56 orang, Sarjana 1.097 orang, Sarjana Terapan 17 orang dan Diploma 62 orang. Pada wisuda kali ini, terdapat 702 orang atau 46.68% diantaranya yang berpredikat Cumlaude.

Dilansir dari laman ristekdikti.go.id, beasiswa Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia bagi calon mahasiswa atau para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat yang mempunyai keterbatasan ekonomi namun memiliki potensi akademik yang baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Universitas Diponegoro menjadi salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia telah berkomitmen dan turut serta mendukung program pemerintah dalam pelaksanaan beasiswa Bidikmisi. Karena dengan beasiswa Bidikmisi ini telah memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh rakyat Indonesia untuk melanjutkan jenjang pendidikannya.

Dalam sambutan Rektor Undip pada prosesi wisuda ke-166 Undip pada Jumat (20/5) menegaskan, “Bangsa yang besar dan sejahtera adalah bangsa yang rakyatnya bekerja dengan kualitas dan selalu meningkatkan kualitas dalam segala hal baik urusan dunia maupun akherat. Oleh karenanya selepas saudara dari pintu gedung ini nyalakan dan kobarkan dalam hati saudara untuk selalu meningkatkan kualitas pengabdian saudara di medan manapun, jadikan setiap hari dengan semangat Fastabiqul khoirat, berlomba dalam kebaikan untuk mencapai kualitas yang semakin-baik”.

“Untuk meningkatkan kualitas lulusan, Undip memberi kesempatan kepada fresh graduate termasuk lulusan dengan program bidikmisi dapat melanjutkan studi lanjut di Undip dengan uang kuliah sebesar apa yang dibayar saat kuliah S1 atau D4 atau D3, juga untuk yang S2 mau ke S3, namun tidak berlaku untuk PPDS”, imbuhnya.