Site icon Universitas Diponegoro

UTBK SBMPTN di UNDIP Hari Keempat dan Kelima Berjalan Lancar

Hari keempat (20/5) dan hari kelima (21/5) Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (UTBK SBMPTN) di Universitas Diponegoro berjalan lancar.  Para peserta bersaing ketat untuk dapat diterima menjadi mahasiswa di universitas impiannya. Di Fakultas Teknik (FT), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), dan Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) tidak ada peserta yang terlambat hadir, mereka tepat waktu berada di lokasi ujian.

Seperti yang telah diketahui bahwa Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menjadi lembaga penyelenggara tes UTBK ini. Persyaratan untuk mengikuti UTBK secara umum diantaranya memiliki Akun LTMPT yang sudah permanen; Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK); Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2022 harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022) dengan catatan Surat Keterangan Siswa Kelas 12 disertai foto terbaru (berwarna), stempel/cap sekolah, dan tanda tangan Kepala Sekolah; Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2020 dan 2021 atau lulusan Paket C tahun 2020 dan 2021 harus memiliki ijazah dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022). Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan; Tidak lulus jalur SNMPTN pada tahun 2020, 2021, dan 2022.

Kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi 3 (tiga) yaitu Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi) dengan alokasi waktu 195 menit, Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi) dengan alokasi waktu 195 menit, dan Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek, dan TKA Soshum dengan  alokasi waktu 285 menit.

Sedangkan untuk pelaksanaan UTBK Gelombang I mulai 17 – 23 Mei 2022 dan pelaksanaan UTBK Gelombang II  akan dimulai 28 Mei – 31 Mei 2022. Hasil UTBK SBMPTN akan diumumkan pada tanggal 23 Juni 2022. (Lin-Humas)

Exit mobile version