Site icon Universitas Diponegoro

Persembahan 2 Medali Emas Mahasiswi UNDIP Mengharumkan Indonesia di Ajang SEA Games 2021

Torehan prestasi gemilang mahasiswi Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro (UNDIP) Rezza Octavia meraih medali emas tidak hanya satu tetapi memborong dua sekaligus pada SEA Games 2021 (Rabu, 18/5) di Hanoi National Sport Training Center, Hanoi, Vietnam. Kemenangannya itu sebagai persembahan di ajang bergengsi kejuaraan multievent Asia Tenggara yang mengharumkan nama Indonesia pada cabang olahraga panahan nomor recurve beregu campuran (Mixed Team Recurve) dan nomor recurve perseorangan (Final Women’s Individual Recurve).

Medali emas kali pertamanya diperoleh saat perebutan pertandingan nomor recurve beregu campuran (Mixed Team Recurve) Rezza berpasangan dengan atlet senior Indonesia bernama Riau Ega Agata Salsabilla dan berhasil mengalahkan wakil dari Malaysia dengan skor 6-2.

Setelah menyelesaikan pertandingan beregu campuran, Rezza Octavia kembali melanjutkan perjuangannya pada ajang final Women’s Individual Recurve melawan atlet pewakilan Thailand, Narisara Khunhiranchaiyo. Penampilan memukaunya menghasilkan kemenangan telak dengan meraih skor sempurna 6-0.

Meski tidak mempunyai banyak waktu istirahat, hanya berselang 30 menit dari penyelesaian pertandingan nomor beregu campuran berlanjut ke nomor perorangan, dirinya sukses melewati ketegangan dan rasa nervousnya dengan tetap fokus menguasai konsentrasi memanah. Setelah memastikan perolehan dua medali emas, Rezza Octavia yang berstatus debutan SEA Games 2021 mengaku sangat bangga karena berhasil memenuhi target pribadinya.

Prestasi Rezza Octavia sempat mencuatkan namanya di panggung panahan saat tampil memperkuat Papua di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 dengan menyumbang 1 (satu) medali perak hingga pengalaman internasional termasuk Piala Dunia Panahan 2022 di Antalya, Turki. Ia mengungkapkan pengalaman berkesannya tampil perdana di SEA Games 2021 Vietnam, “Saya sangat senang dan bersemangat mengikuti Sea Games pertama saya ini, apalagi berhasil meraih medali emas.” Lebih lanjut, Rezza Octavia menyebutkan rahasia sukses dirinya ketika menghadapi banyak pertandingan “jangan pernah menyerah, push your limit, jangan lupa berdoa” tambahnya.

Secara keseluruhan tim panahan Indonesia telah memborong total empat medali emas dan satu perak dari SEA Games 2021 Vietnam. Dua medali emas tim panahan Indonesia lainnya didapatkan dari nomor Men’s Team Recurve dan Men’s Individual Recurve. Dengan demikian, tim panahan Indonesia sudah berhasil memenuhi target, yakni membawa pulang empat medali emas dari SEA Games 2021. (Diah-Humas)

 

Share this :
Exit mobile version