Site icon Universitas Diponegoro

Departemen Teknik Industri FT UNDIP Perdana Selenggarakan Kuliah Umum Project Management Secara Hybrid Bekerjasama dengan PT Indonesia Power Project Unit

Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang belum lama ini, secara perdana menyelenggarakan Kuliah Umum Project Management – Seri Leader Mengajar secara hybrid (offline di ruang Teater lantai 4 Fakultas Teknik Undip dan online melalui platform MS Teams) pada Jum’at (20/05) dengan tema “Penerapan Manajemen Proyek pada Proyek Pembangkit Listrik PT. Indonesia Power dan Perannya dalam Transisi Energi Masa Depan Indonesia”.

Acara yang menghadirkan narasumber khusus dari PT. Indonesia Power Project Unit yakni I Gusti Ngurah Agung S selaku General Manager bersama Fardhian Windo selaku Deputy General Manager dengan dimoderatori oleh Dr. Singgih Saptadi, S.T., M.T. sebagai Ketua Program Studi Teknik Industri S1. Turut mengundang dosen & mahasiswa dari Teknik Industri, Teknik Sipil, dan Teknik Elektro juga tim dari PT. Indonesia Power Semarang.

Pada sambutan diawal acara, Dr. Ir. Ratna Purwaningsih, S.T., M.T. IPM sebagai Ketua Departemen Teknik Industri menyampaikan apresiasi rasa terima kasihnya kepada PT. Indonesia Power Project Unit atas partisipasinya menyelenggarakan acara termasuk pendanaan. Beliau menyebutkan materi manajemen proyek yang akan disampaikan oleh kedua pembicara sangat relevan untuk disiplin ilmu Teknik Industri bahkan Teknik Sipil begitu pun Teknik Elektro karena berkaitan project pembangkit.

“Semua sudah kangen untuk kuliah offline jadi bisa menjadi pemanasan, begitu juga dengan dosen-dosen yang sudah sangat ingin mengajar secara offline sehingga bisa untuk mengawali. Diharapkan acara ini memberikan manfaat bagi semua yang hadir, tetapi lebih jauh dari itu tentunya kita menginginkan acara tidak berhenti disini dan ada lanjutan kegiatan yang lain. Semoga kedepannya dapat sebagai pembuka kerjasama berikutnya.” tambahnya.

Sementara Dekan Fakultas Teknik Prof. Ir. M. Agung Wibowo, MM, M.Sc, Ph.D berkenan memberikan sambutan sekaligus membuka acara. “Kuliah ini topiknya sangat keren yakni project management yang penting bagi mahasiswa dimana aspeknya cukup luas tidak hanya teknis semata tetapi menyangkut beberapa masalah sosial. Justru kadang-kadang yang susah itu bukan teknisnya melainkan masalah sosial karena ada SDM, tata kelola, sistem dan banyak sekali yang sangat menarik dibahas serta relevan dengan program merdeka belajar kampus merdeka.” imbuhnya.

Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M., M.Sc, Ph.D turut berharap bisa meningkatkan kerjasama dengan menawarkan S-2 by research, S-3 by research kepada staff PT. Indonesia Power untuk masuk di S-2 Teknik Industri atau S-2 manapun yang bisa dipilih seperti Teknik Sipil atau lainnya. “Bahkan sempat bekerjasama dengan PUPR, bapak Menteri langsung pesan untuk penyelesaikan studi dalam 18 bulan (3 semester) tidak lagi 4 semester. Harapan adanya kerjasama antara Industri dengan Perguruan Tinggi menjadi lebih erat karena banyak kepentingan yang terlibat dengan didukung SDM yang kuat, kapasitas building, proses belajar mengajar, life long learning education yang harus benar- benar dilakukan.” pungkasnya.

Selanjutnya paparan materi oleh kedua narasumber lebih rinci mengulas tentang bagaimana seluk beluk manajemen proyek pembangkit listrik PT. Indonesia Power dengan penyampaian yang apik sehingga para peserta yang hadir antusias menyimak. (Diah-Humas)

Exit mobile version