Tim pengabdian dari Agroekoteknologi Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro melakukan pendampingan secara langsung kepada Kelompok Tani Sumber Raharjo di Desa Wates Kecamatan Ngaliyan, pada Kamis, 26 Mei 2022 bertepatan dengan hari libur nasional Hari Raya Kenaikan Isa Almasih.

Acara dihadiri oleh Kepala Desa, Tim Pengabdian Agroekoteknologi FPP Undip, dan Penyuluh Pertanian. Namun demikian, hampir semua peserta terlihat sangat antusias untuk bisa mendapatkan ilmu tentang grafting buah jambu kristal. Meskipun terlihat hal yang sangat dasar, tetapi dipraktekkan langsung oleh Bapak Ir. Karno, M.Appl.Sc, Ph.D. sehingga ilmu dasar tersebut justru mampu diserap dan dapat dipraktekkan dengan mudah oleh peserta yang hadir.

Selain memberikan praktek langsung, tim Pengabdian juga memberikan alat grafting berupa pisau kecil yang harapannya dapat terus digunakan. Meskipun kecil, tapi harapan kami semoga dapat terus diamalkan, tutur dosen yang sekaligus menjadi ketua program studi Agroekoteknologi ini.

Sesi berikutnya adalah penyuluhan tentang pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT). A’isyah Surya Bintang, S.P., M.Sc. memberikan gambaran tentang pentingnya menjaga tanaman sekaligus menjaga lingkungan dan kesehatan buah hasil panen khususnya buah jambu kristal dan kelengkeng. Dalam hal ini, dosen muda FPP UNDIP ini memberikan yellow trap yang ia maksudkan agar petani mulai mengenal dan terus mengawasi lahannya secara lebih terarah karena mengetahui secara pasti banyaknya hama ataupun musuh alami yang ada di lahan. “Yellow trap adalah alat murah dan sederhana untuk persiapan dalam pengendalian OPT, Saya yakin njenegan bisa mengaplikasikan secara mandiri”, tuturnya menutup acara.