Universitas Diponegoro menyelenggarakan acara Webinar UNDIP 2022 Strategi Magang Tugas Akhir agar Lulus Cepat dan Kinerja Mahasiswa Selaras IKU Universitas pada hari sabtu dan minggu, tanggal 21-22 Mei 2022 secara daring. Pada acara ini diangkat topik yang bertujuan agar mahasiswa dapat mulai mengenal kinerja-kinerja yang mampu meningkatkan pemeringkatan program studi atau institusi.

Acara yang diselenggarakan secara 2 hari berturut-turut ini diikuti oleh 224 peserta baik melalui Zoom meeting maupun live Youtube. Peserta tidak hanya dari Universitas Diponegoro, akan tetapi banyak peserta dari universitas lain yang turut hadir untuk lebih memahami terkait topik yang dibahas oleh para narasumber. Pada hari pertama, Sabtu tanggal 21 Mei 2022, terdapat tiga narasumber yaitu Dian Anggraeni, S.A., M.Acc., membahas terkait strategi magang (KKP), Deddy Sulestiyono, S.E., S.T., M.M. ACPA membahas terkait strategi TA (Tugas Akhir), dan Ropinov Saputro, S.E., M.M membahas terkait kinerja mahasiswa yang selaras IKU Universitas. Para narasumber merupakan dosen homebase D3 Adminitrasi Pajak K.Batang PSDKU Universitas Diponegoro.

Pada hari pertama, selain narasumber memberikan materi, peserta juga diberikan kuis dimana pertanyaan berasal dari materi yang telah disampaikan oleh para narasumber. Sesi acara kuis ini dilaksanakan menggunakan quizizz dan akan mengambil 5 peserta terbaik yang akan mendapatkan hadiah masing-masing sebesar Rp.100.000,-. Sesi kuis ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta terkait materi yang sudah diberikan oleh para pemateri. Setelah kuis terlaksana didapatkan 5 mahasiswa yaitu dengan peringkat ke-1 dan ke-2 diraih oleh mahasiswa/i Universitas Kristen Duta Wacana, dan untuk peringkat ke-3, ke-4 dan ke-5 merupakan mahasiwa/i Universitas Diponegoro.

Selanjutnya, pada hari kedua, tanggal 22 Mei 2022, terdapat tiga narasumber dari 3 mahasiswa Program Studi D3 Administrasi Pajak Kampus Batang. Narasumber mahasiswa pertama yaitu Xievie Chong yang membahas terkait sharing magang mandiri/merdeka sesuai dengan pengalaman yang dijalaninya magang mandiri di BTN Tbk, Tsabita Via Sufika dengan materi  sharing kompetisi mahasiswa sesuai capaian yang bersangkutan sebagai Juara 1 Mahasiswa Beprestasi di tingkat PSDKU Undip.

Narasumber mahasiswa terakhir adalah Tatak Rekhan Ariatma dengan materi sharing Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dimana yang bersangkutan menceritakan dan memotivasi para peserta agar berwirausaha dan mengajukan wirausahanya ke PMW yang diselenggarakan di setiap universitas. Bak gayung bersambut, beberapa hari setelah paparan PMW ini, berbagai fakultas dari berbagai perguruan tinggi mulai menjaring seleksi program mahasiswa wirausaha (PMW). Dengan begitu para peserta memiliki kesempatan untuk langsung mempraktikkan ilmu yang telah didapat.

Ropinov Saputro, S.E., M.M., sebagai ketua penyelenggara acara ini berharap para mahasiswa termotivasi dan langsung mempraktikkan seluruh ilmu dan wawasan yang diberikan oleh narasumber. Dengan pembangunan budaya meraih prestasi, maka akan meningkatkan peluang suatu program studi memperoleh prestasi-prestasi sesuai minat dan bakat mahasiswanya. Dimana prestasi-prestasi ini akan mendorong kualitas sekaligus laporan IKU prodi tersebut ke Universitas maupun ke Kementerian. Di lain sisi, Kaprodi D3 Administrasi Pajak Kampus Batang Ibu Mutiara Tresna Parasetya, S.E., M.Si., Ak., berpesan agar mahasiswa semester akhir segera menyelesaikan Tugas Akhirnya.

Tak lupa ketua penyelenggara mengucapkan terima kasih banyak kepada panitia pelaksana yang digawangi oleh tim mahasiswa dari D3 Administrasi Pajak Kampus Batang yaitu Mada Osamanti (Ketua Panitia), Muhmmad Adiyat Thoriq, Tsabita Via Sufika, Nurhikmah dan Risqi Aprilia. Tim Panitia ini menyampaikan bahwa mereka sangat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena acara webinar nasional ini dapat berjalan dengan lancar meskipun ada sedikit kendala minor. Panitia berharap kegiatan webinar selanjutnya akan lebih baik lagi dan bisa membuat acara yang bermanfaat bagi semua orang/mahasiswa.

Penulis: Mada Osamanti CS (2022)