InaGo merupakan tim yang berhasil meraih medali emas pada ajang World Youth Inventors Exhibition (WYIE) 2022 yang diadakan di Kuala Lumpur Convention Center (KLCC) Kuala Lumpur, Malaysia pada 26-27 Mei 2022. WYIE diikuti oleh 120 tim dari 16 negara. Salah satu diantaranya yaitu tim InaGo yang merupakan perwakilan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang terdiri atas lima orang yang beranggotakan:

  1. Nur Cholis Rina Irawan Sagala Maradat (Administrasi Bisnis 2019)
  2. Anissa Rizqi Adha (Administrasi Bisnis 2019)
  3. Deki Nur Fitrian (Administrasi Bisnis 2019)
  4. Rayyan Nanda Syalya Lagilote (Administrasi Bisnis 2021)
  5. Sheila Syifa Salsabila (Teknik Industri 2019)

Tim InaGo membawa ide “InaGo International : Indonesian B2B Spice Marketing and Development Program”. InaGo tercetuskan dari permasalahan dan potensi yang ada di dalam negeri. Seperti yang diketahui, Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan hasil alam. Sedikit mengulas kembali sejarah, VOC merupakan sebuah organisasi perdagangan yang dibentuk pada masa penjajahan dengan berfokus pada penjualan rempah Indonesia dan sampai saat ini kekayaan VOC masih belum terkalahkan oleh perusahaan manapun. Untuk itu InaGo dibentuk untuk menaikkan kembali rempah Indonesia dengan system yang sehat dan menyasar pasar yang lebih luas dan pasti.

Tim InaGo bersama dengan Dekan FISIP Undip Dr. Drs. Hardi Warsono, M.T.

InaGo merupakan platform yang ramah akan pengguna, baik pembeli maupun penjual rempah (petani). InaGo memberikan kemudahan penggunaan pada setiap fiturnya dan transparansi akan harga, kualitas hingga proses pengiriman. Tidak hanya itu, InaGo juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh pesaingnya, yaitu alat deteksi tanah menggunakan fitur scan pada aplikasi “seller”. Fitur ini dapat membantu para petani dalam mengenali, mempelajari dan menemukan potensi tanah untuk menanam rempah yang berkualitas.

Selama kegiatan World Youth Inventors Exhibition 2022 berlangsung, InaGo banyak dilirik oleh para exhibitor dan visitor bahkan mendapat penawaran pendanaan untuk kelanjutannya. Pencapaian ini tentu tidak lepas dari dukungan banyak pihak terutama pembimbing tim Inago yaitu Robetmi Jumpakita Pinem, S.AB., MBA. yang telah membimbing dan membantu segala kebutuhan tim. Sebagai pembimbing, Robetmi Jumpakita Pinem, S.AB, MBA selalu menekankan pentingnya keseriusan sebagai delegasi pada ajang International demi menjaga nama Universitas Diponegoro dan Indonesia.

Tidak lupa juga ucapan terima kasih kami sampaikan kepada bapak Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr. Drs. Hardi Warsono, MTP dan staff yang telah mempermudah keberangkatan kami dengan memberikan dukungan serta bantuan dana keberangkatan dan adiminstrasi. Terima kasih juga kami ucapkan atas apresiasi dan sambutan atas kembalinya kami ke tanah air pada Kamis 2 Juni 2022 di Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Pencapaian tim InaGo diharapkan dapat menjadi pemantik bagi mahasiswa/I Universitas Diponegoro untuk terus berkarya dan mengharumkan nama universitas di kancah Internasional. “Setiap orang bermulai dari nol, setiap langkah dimulai dari tekad, begitu pula dengan kami. Jika kami bisa, kalian juga bisa! UNDIP! JAYA!” – Tim InaGo.