Semarang-Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2022 baru saja usai. Bagi siswa yang belum berkesempatan mengikuti tes UTBK dan juga siswa yang sudah mengikuti UTBK, tetapi masih ingin mencoba lagi mendaftar Undip melalui jalur lain, Undip memberi kesempatan dengan membuka jalur UM (Ujian Mandiri) tahun 2022. Pendaftaran UM UNDIP dibuka sampai dengan tanggal 20 Juni 2022.

Ketua LP2MP UNDIP Prof. Dr. Ir. Setia Budi Sasongko, DEA dalam keterangan pada Senin (6/6/2022) menginformasikan Universitas Diponegoro membuka pendaftaran UM (Ujian Mandiri) mulai 11 April sampai dengan 20 Juni 2022. Adapun pelaksanaan tes UM diselenggarakan pada tanggal 27 Juni-8 Juli 2022. Dia menambahkan bagi peminat untuk mempersiapkan berkas pendaftaran, meliputi nilai raport, prestasi non akademik/ kejuaraan bila ada dan esai tentang Wawasan Kebangsaan. Sementara materi untuk Ujian Mandiri adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) yang meliputi Numerik, Verbal, Penalaran dan Bahasa Inggris. Tes UM dilaksanakan secara online dari rumah masing-masing dengan sistem dan pengawasan yang ketat dari petugas pengawas.

Lebih lanjut, Prof. Budi Sas sapaan akrab beliau, menerangkan tentang sistem pembelajaran yang diterapkan pembelajaran berorientasi luaran (OBE) adalah pendekatan sistem pendidikan dan metode pembelajaran dimana luaran menjadi fokus dan hasilnya dapat dilihat dari proses belajar contohnya prestasi mahasiswa di akhir perkuliahan dan kualitas lulusan. Tidak diragukan lagi kualitas lulusan Universitas Diponegoro adalah lulusan yang banyak diserap dunia kerja, terbukti Undip menduduki rangking pertama versi Quacquarelli Symonds (QS) Asia Ranking 2022, lembaga pemeringkatan universitas dunia telah merilis deretan universitas terbaik di dunia untuk kategori “Graduate Employability Rankings 2022”. Kategori tersebut memilih perguruan tinggi yang berhasil mencetak lulusan berkompetensi dengan prospek kerja tinggi atau lulusan siap kerja terbaik.

Universitas Diponegoro bukan hanya mencetak lulusan berkualitas, tetapi juga mencetak mahasiswa berprestasi baik level nasional maupun internasional. Ditambah pula Universitas Diponegoro membekali lulusan untuk menjadi job creator maupun job seeker yang siap kerja dan unggul dengan kempetensi COMPLETE yakni Communicator ( mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis), Professional (bekerja sesuai dengan prinsip, pengembangan berdasar prestasi dan menjujunjung tinggi kode etik), Leader (adaptif, tanggap terhadap lingkungan, proaktif, motivator, mampu membangun kerjasama) Entrepreneur (memiliki etos kerja tinggi, ketrampilan berwirausaha, inovatif, dan kemandirian), Thinker (mampu berfikir kritis, belajar sepanjang hayat, peneliti) dan Educator (mampu menjadi agen of change).

Dari 52 program studi yang dimiliki, hampir semuanya terakreditasi A. Bahkan diantaranya sudah membuka kelas internasional dan berakreditasi A. Akreditasi A untuk kelas internasional meliputi ASIIN ada 12 prodi, FIBAA 14 prodi, ABBEST 1 prodi dan IABEE 8 prodi.

Sementara untuk pendaftaran UM UNDIP terdapat 3 jalur yakni jalur KIP dan/atau Golongan tidak mampu yang dibuktikan dengan kepemilikan KIP (Kartu Indonesia Pintar), jalur Reguler dan jalur Kemitraan. Info lengkap untuk pendaftaran UM Undip dapat diakses di laman: pmb.undip.ac.id.(Ut-Humas)