Dalam rangka meningkatkan kapasitas Tenaga Kependidikan (Tendik) dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dalam menyelenggarakan kegiatan secara live streaming, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan kegiatan Pelatihan Live Streaming Masterclass selama 2 hari yakni pada Selasa (07/06) dan Rabu (08/06) mulai pukul 08.00 WIB di Gedung Prof. Soedarto kampus Undip Tembalang.

Pelatihan ini turut dihadiri oleh Wakil Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Tim UNDIP TV, dan para peserta yang berasal dari perwakilan Tendik dan Ormawa di lingkungan Undip. Serta turut mengundang praktisi tim media live streaming yang terdiri dari Bobby Martten yang menjelaskan mengenai Praktik Live Streaming Event Full Online & Hybrid Interactive dan Kukuh yang memaparkan mengenai teknis audio saat live streaming berlangsung.

Wakil Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Undip Henny Juliani, S.H., M.H., dalam sambutannya mengungkapkan tujuan diadakannya pelatihan ini ialah untuk meningkatkan keterampilan Tendik dan Mahasiswa mengenai teknik-teknik live streaming event. “Kegiatan pelatihan ini akan memberikan tambahan keterampilan, meningkatkan kompetensi, dan kapasitas para peserta mengenai proses live streaming event yang diadakan secara daring ataupun hybrid.” ungkapnya.

Wakil Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Undip Henny Juliani, S.H., M.H., saat membuka dan memberi sambutan dalam acara Pelatihan Live Streaming Masterclass di Gedung Prof. Soedarto SH, kampus Undip Tembalang pada Selasa (07/06).

Dalam laporannya Henny Juliani, S.H., M.H., menyampaikan kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 97 peserta yang terdiri dari 32 orang Tendik dan 65 orang mahasiswa. Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan kali ini adalah untuk yang pertama kalinya melibatkan perwakilan mahasiswa. “Jadi ini memang satu kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh BPSDM Undip yang baru pertama kali menyertakan mahasiswa baik itu dari Senat, BEM, ataupun UKM-UKM. Karena kita itu satu kesatuan untuk membawa Undip lebih maju dan dapat meningkatkan SDM yang lebih baik lagi.” jelas Henny.

“Silahkan mengikuti dan mengambil ilmu dari awal sampai akhir pelatihan. Semoga kalian memperoleh apa yang menjadi harapan kita bersama, sehingga dapat menjadikan Undip lebih maju lagi dan dapat menjadi manfaat bagi kita semua.” pungkasnya.

Pada hari pertama pelatihan, diisi dengan pemaparan materi mengenai Glosarium dan Mengenal Berbagai Konsep Acara yang dijelaskan oleh Hariyani, S.Sos., M.I.Kom. Kemudian dilanjutkan dengan Praktik Live Streaming Event Full Online dan Praktik Live Streaming Event Hybrid Interactive (Venue & Zoom) oleh Bobby Martten & Team dan Kukuh.

Selanjutnya pada hari kedua pelatihan diisi dengan Praktik Live Streaming Event Full Offline yang dijelaskan oleh Tim UNDIP TV. Kemudian dilanjutkan dengan Praktik Live Streaming dengan Elemen Grafis yang dijabarkan oleh Wishnu Biantoro, S.Hum (Graphic Designer dan Staf UNDIP TV).