Semarang (14/6) – International Office (IO) Universitas Diponegoro (UNDIP) gelar Online Meeting bersama IISMAVO (Indonesian International Student Mobility Awards Edisi Vokasi) 2022 pada Selasa, 14 Juni 2022 secara online melalui platform Zoom meeting. IISMAVO 2022 merupakan program beasiswa internasional untuk para mahasiswa Indonesia di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang ditujukan untuk mahasiswa vokasi di seluruh Indonesia. Program beasiswa dengan tagline “learning collaboration with industry” ini bertujuan memberi kesempatan kepada mahasiswa vokasi untuk mengasah kemampuan berpikir kritis, menjadi pemimpin, dan memperluas networking; berkolaborasi secara langsung dengan universitas dan industri di luar negeri; serta implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Online meeting ini dihadiri oleh pihak IO Undip dan 8 mahasiswa vokasi Undip yang menjadi IISMAVO Awardees 2022. Para mahasiswa ini telah diumumkan lolos seleksi IISMAVO 2022 pada bulan April 2022 lalu dan saat ini sedang menyiapkan keberangkatannya ke host university, antara lain Coventry University, UK; Yuan Ze University, Taiwan; IU International University of Applied Science, Germany; Minghsin University of Science and Technology, Taiwan; City of Glaslow College, UK; University of Nottingham, UK; dan University of Technology, Malaysia. Kemendikbud RI menanggung biaya pendaftaran dan biaya studi, tiket perjalanan dan VISA, tempat tinggal dan biaya akomodasi, tes PCR dan asuransi kesehatan, dan dana darurat bagi IISMAVO Awardees 2022.

Selama belajar di host university dalam satu semester (4-6 bulan), mahasiswa vokasi memilih salah satu dari tiga skema pembelajaran yaitu Skema A, Industrial Experience Program (berfokus pada industri, misalnya magang, penempatan kerja, proyek industri); Skema B, Class-Based Learning + Industrial Experiences (perpaduan program pembelajaran di kelas dan pengalaman industri, misalnya magang jangka pendek, studi kasus industri, kunjungan perusahaan), serta Skema C, Class-Based Learning (pembelajaran di kelas dengan konten terkait industri, misalnya sebagian diajarkan oleh praktisi).

Anggun Puspitarini Siswanto, S.T., Ph.D. selaku Ketua IO Undip menyampaikan bahwa online meeting ini digelar agar IO Undip dan mahasiswa Undip yang terpilih menjadi IISMAVO Awardees 2022 bisa saling mengenal lebih dekat, dan juga memantau seberapa jauh persiapan para peserta dalam menyiapkan dokumen dan hal-hal yang diperlukan sebelum keberangkatan. “IISMAVO Awardees 2022 adalah program IISMA pertama yang diselenggarakan bagi mahasiswa vokasi dan programnya baru berjalan tahun ini, sehingga penting untuk memperhatikan semua persyaratan agar tidak ada masalah dalam perjalanan. Komunikasi sangat penting, jadi jangan sampai melewatkan info dari Kemendikbud,” kata Anggun.

Mengenai konversi SKS, hal tersebut merupakan kebijakan program studi masing-masing sehingga mahasiswa perlu berkomunikasi dengan Ketua Program Studi dan dosen wali. Di beberapa universitas, mahasiswa IISMAVO Awardees 2022 kemungkinan tidak mendapat academic certificate karena tidak belajar full time di universitas tersebut, sebagai gantinya mereka akan mendapatkan institutional certificate.

“Selalu update mengenai info terbaru, karena ini adalah program baru jadi pasti ada informasi yang rancu. Informasi paling akurat dapat dilihat di website IISMA. Persiapan dokumen sangat penting, tetapi persiapan mental juga tidak kalah penting. Kalian perlu beradaptasi di negara baru dan juga dengan program yang kalian ikuti. Siapkan mental jika ada delay keberangkatan, mengingat saat ini Covid-19 masih berstatus sebagai pandemi. Semoga perjalanan kalian lancar and have fun,” pesan Anggun di akhir acara. (Titis – Public Relations)