Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro (Undip) baru saja melepas 61 mahasiswa dari International Undergraduate Program (IUP) dan Program Reguler dalam acara Pre Departure Ceremony, Selasa (21/06) bertempat di Ruang Auditorium Kewirausahaan Gedung Lab. KWU lantai 4 FEB Undip.

Nantinya 61 Mahasiswa tersebut akan melaksanakan International Exposure meliputi program Double Degree, Credit Transfer System, Short Course, dan IISMA. 61 Mahasiswa tersebut berasal dari beberapa Prodi, yaitu Prodi International Business/Manajemen sebanyak 43 orang, Prodi Accounting/Akuntansi sebanyak 8 orang, dan Prodi Economics and Finance sebanyak 10 orang.

Sementara Universitas yang menjadi tujuan untuk para mahasiswa tersebut ialah National United University (Taiwan), Monash University (Australia), Universiti Malaya (Malaysia), Saxion University of Applied Sciences (Belanda), Curtin University (Australia), University of Liverpool (UK), University of Exeter (UK), Radboud University (Belanda), Vrije Universiteit Amsterdam (Belanda), University of Amsterdam (Belanda), University of Western Australia (Australia), Kedge Business School (Perancis), University of Applied Sciences and Arts Northwestern Switzerland (FHNW) (Switzerland), Nanyang Technological University (Singapura), Asia University (Taiwan), dan Universidad Autonóma de Madrid (Spanyol).

Dalam pelepasan ini turut dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan, Wakil Dekan Sumber Daya, Ketua Departemen, Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, Dosen Wali, International Office FEB, Orang tua/Wali mahasiswa, dan 61 Mahasiswa yang akan melaksanakan International Exposure.

Dekan FEB, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si., dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangganya terhadap 61 mahasiswa yang nantinya akan mengikuti kegiatan International Exposure. “Pagi ini benar-benar membahagiakan bagi Saya dan bagi civitas akademika di FEB Undip, karena ada 61 mahasiswa yang akan berangkat keluar negeri untuk Double Degree, Credit Transfer System, Short Course, dan IISMA. Kami sangat bangga kepada teman-teman semua atas achievement ini, mudah-mudahan teman-teman bisa mengharumkan nama kampus Undip” ungkapnya.

Pada kesempatan ini Prof. Suharnomo berpesan kepada 61 mahasiswa tersebut agar memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan yang langka ini. “Saya berpesan karena nanti di negara orang, jaga diri baik-baik, ini menjadi kesempatan yang sangat langka, tidak banyak dimiliki oleh mahasiswa pada umumnya. Mudah-mudahan dipakai sebaik-baiknya. Saya percaya teman-teman pasti bisa.” jelas Prof. Suharnomo.

Lebih lanjut, Prof. Suharnomo menambahkan agar mahasiswa yang akan melaksanakan International Exposure untuk terus beradaptasi dengan budaya setempat dan memperluas jaringan. “Terus adaptasi, jangan diam saja, dan perluas networking. Disana ada adat dan aturan yang harus dihormati, pelajari bagaimana hidup di multi etnik dan multi culture. Jaga baik-baik nama almamater.” tambahnya.

Nantinya setelah mahasiswa lulus, Prof. Suharnomo berharap mahasiswa akan memiliki 3 kompetensi untuk menghadapi era turbulence disruption yang sedang terjadi saat ini, yaitu antara lain kompetensi terhadap literasi data dan informasi, literasi dalam berkomunikasi, dan literasi tentang humanity.

Mewakili mahasiswa IUP, Sepvanna Syafa Setiadi mengaku senang dapat menjadi salah satu mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan International Exposure. Dalam acara Pre Departure Ceremony International Undergraduate Program ini, Sepvanna mendapat banyak wawasan bagaimanan ia harus bersikap nantinya saat melakukan program Double Degree.

Sepvanna yang berasal dari Prodi Economics and Finance angkatan 2020 ini akan menjalani program Double Degree di Curtin University, Australia. “Semoga kedepannya Saya bisa kembali lagi ke Undip dengan membawa nama baik yang telah Saya lakukan di luar negeri nantinya.” pungkas Sepvanna.

International Undergraduate Program (IUP) FEB Undip mensyaratkan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan International Exposure. IUP FEB Undip memiliki tiga Prodi yakni International Business, Accounting, dan Economics and Finance. Dengan dilepasnya 61 mahasiswa tersebut ke berbagai Universitas di beberapa negara, semakin mengukuhkan Undip menjadi World Class University (WCU).