PAUD Permata Universitas Diponegoro (Undip) baru saja menggelar acara Penglepasan Siswa TK B dan Pentas Seni PAUD Permata Undip Tahun Ajaran 2021/2022, Sabtu (18/06) bertempat di Gedung KWU Lantai 4 Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) kampus Undip Tembalang. Penglepasan kali ini merupakan penglepasan secara luring untuk pertama kalinya sejak Pandemi Covid-19 mewabah.

Pada acara kali ini dihadiri oleh Rektor Undip, Penasehat dan Pengurus PAUD Permata Undip, Wakil Kepala Badan Pengelola Usaha, Bisnis Komersial, dan Analisis Resiko (BP UBIKAR) Undip, Kepala Bank Mandiri KCP Semarang Undip, Kepala Bank Tabungan Negara KCP Semarang Undip, Pengawas TK Korsatpen Kecamatan Tembalang, Penilik PAUD Korsatpen Kecamatan Tembalang, Ketua IGTKI dan Himapaudi Kecamatan Tembalang, Kepala Sekolah dan Guru PAUD Permata Undip, Wali Peserta Didik PAUD Permata Undip, dan Siswa-siswi PAUD Permata Undip.

Dalam sambutannya, Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., menyampaikan bahwa PAUD Permata Undip telah memberi bekal kepada siswa-siswi dengan budi pekerti, iman, taqwa, tawakal, kepedulian terhadap sesama, dan sikap toleransi. Karena itu semua merupakan pendidikan dasar dan menjadi bagian yang penting sebagai pembentukan perilaku dan akhlak bagi siswa-siswi.

“Bisa kita pastikan adalah PAUD Permata Undip memberi bekal budi pekerti, iman, taqwa, tawakal, saya kira itu penting. Dan kepedulian terhadap sesama serta sikap toleransi yang tinggi. Kita tidak pernah tahu, siswa-siswi yang telah diwisuda nantinya akan membuat negara kita menjadi lebih baik dan menjadi lebih sejahtera.” jelas Prof. Yos.

Dalam kesempatan ini, Prof. Yos mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Pengurus dan Guru PAUD Permata Undip yang telah meberikan ilmunya kepada para peserta didik. “Hasilnya saya lihat kualitasnya bagus. Anak-anak yang lulus hari ini kebanyakan bisa baca tulis. Atas prestasi ini saya ucapkan terima kasih kepada bu Guru dan Pengasuh semua yang telah memberikan ilmunya. Percayalah bu Guru sekalian, setiap huruf yang ditulis anak-anak ini akan menjadi pahala untuk bu Guru semua.” tuturnya.

Undip tetap berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan di PAUD Permata Undip. “Ditingkatkan lagi kualitas pelayanan kepada para peserta didik dan juga pelayanan komunikasi dengan orang tua peserta didik. Undip berkomitmen untuk terus mendukung keberlangsungan dan peningkatan PAUD Permata Undip menjadi lebih baik lagi.” pungkas Prof. Yos.

Sementara itu, Kepala Sekolah PAUD Permata Undip Sri Sedyaningrum mengungkapkan bahwa kebahagiaan anak-anak menjadi tanggung jawab bersama dan kebahagiaan anak-anak tidak hanya tergantung pada materi saja, namun dengan kehangatan dan kasih sayang di lingkungannya.

Selain itu, anak-anak adalah anugerah terbesar bagi keluarga karena anak-anak ini yang akan menjadi harapan dan penerus cita-cita. “Marilah kita semua memahami arti bagaimana kita memperhatikan anak-anak serta arti pendidikan kepada anak-anak kita. Anak adalah investasi utama bagi keluarga karena doa anak-anak kita akan menjadi penerang kita selamanya.” jelas Sri Sedyaningrum.

Lebih lanjut, Sri Sedyaningrum menjelaskan bahwa prosesi wisuda ini adalah sebagai bentuk wujud apresiasi terhadap perkembangan anak-anak. “saya mewakili ibu Guru dan semua pendidik PAUD Permata Undip mengucapkan selamat kepada bapak ibu yang pada hari ini menyaksikan putra putri tersayang telah tumbuh menjadi anak yang sehat, telah mampu bersosialisasi dengan baik, berakhlak mulia, percaya diri, dan telah tampak potensi serta bakatnya. Semoga dengan ini kita dapat memberi tauladan yang baik kepada anak-anak kita.” tuturnya.

“Terima kasih tak terhingga atas kepercayaan bapak ibu menitipkan putra putrinya di PAUD Permata Undip. Di sekolah yang kita sayangi ini yaitu sekolah yang diselenggarakan oleh Undip dan selalu mendapat perhatian serta fasilitas yang terbaik dari Pimpinan Undip. Kami ucapkan terima kasih kepada bapak Rektor yang selalu memperhatikan PAUD Permata Undip.” pungkas Sri Sedyaningrum.

Pada penglepasan kali ini, siswa yang lulus atau di wisuda sebanyak sebanyak 20 siswa yang terdiri dari perempuan 12 orang dan laki-laki 8 orang. Selain prosesi wisuda, acara juga diisi dengan beberapa pentas seni dari siswa-siswi PAUD Permata Undip.