Semarang (24/6) – Keluarga besar Universitas Diponegoro (Undip) turut berduka cita atas meninggalnya Dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Undip, Dr. Deli Nirmala, M.Hum. pada Jumat, 24 Juni 2022 pukul 01:30 WIB di Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Undip. Jenazah diberangkatkan dari rumah duka di Jatingaleh, Semarang pada pukul 09:00 WIB dan prosesi pemakaman akan dilaksanakan pada Jumat, 24 Juni 2022 di kampung halaman beliau yang bertempat di Kabupaten Madiun.

Almarhumah Dr. Deli Nirmala dikenal sebagai sosok guru yang lembut dan selalu memberi arahan yang baik untuk anak didiknya. Semasa hidupnya, Dosen Linguistik FIB Undip yang mengajar berbagai bidang ilmu linguistik termasuk cognitive linguistics, pragmatics, dan sociolinguistics ini juga aktif dalam menulis publikasi dan jurnal ilmiah. Tulisan beliau antara lain “Proses Kognitif dalam Ungkapan Metaforis” (Parole Vol.4 No.1, April 2014), “Javanese Cultural Words in Local Newspapers in Central Java as a Language Maintenance Model” (Humaniora Vol.27 No.3, Oktober 2015), “Perlocutionary Act of Euphemism in Indonesian Presidential Election Debate 2019” (Indonesian Journal of EFL and Linguistics Vol.5 No.1, 2020), “Merdeka Belajar in Pandemic: Using Quizizz Game Based Learning to Improve Students’ Vocabulary Mastery” (Language Literacy: Journal of Linguistics, Literature and Language Teaching Vol.5 No.1, Juni 2021) dan masih banyak lagi.

“Dr. Deli Nirmala, M.Hum. adalah dosen FIB Undip yang mempunyai dedikasi yang sangat tinggi terhadap pekerjaan dan almamater sampai akhir hayatnya. Almarhumah berperan besar dalam mengantar Jurnal PAROLE sampai terindex SINTA 2,” tutur Dr. Nurhayati, M.Hum., Dekan FIB UNDIP, ketika menyampaikan kesan tentang almarhumah Dr. Deli Nirmala.

Bersama dengan Magister Ilmu Linguistik, Dr. Deli Nirmala, M.Hum. mempublikasikan Jurnal PAROLE: Journal on Lingustics and Education yang ditetapkan sebagai jurnal ilmiah terakreditasi SINTA 2 yang berlaku selama 5 tahun sejak tahun 2019 hingga tahun 2023.

Besarnya jasa dan dedikasi Dr. Deli Nirmala, M.Hum. dalam bidang pendidikan dan memajukan Undip tentunya akan menjadi pahala yang tiada hentinya. Semoga almarhumah diberikan tempat mulia di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran. (Titis – Public Relations)