Persentase peminatan atau keketatan (yaitu perbandingan yang diterima dengan pendaftar) untuk prodi Sosial Humaniora Universitas Diponegoro pasa peringkat paling atas adalah prodi Ilmu Komunikasi (FISIP), disusul peringkat kedua prodi Psikologi (Fakultas Psikologi), ketiga prodi manajemen (FEB), keempat prodi Hubungan Internasional (FISIP) dan peringkat kelima prodi Administrasi Bisnis (FISIP). Prodi-prodi favorit tersebut tentu sudah lama dikenal oleh masyarakat dan dipilih oleh calon mahasiswa karena dipandang memiliki banyak peluang kerja di bidang pemerintahan, industri, media, maupun  teknologi.

Dr. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin. Selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Undip menuturkan bahwa dilihat dari kepercayaan masyarakat terhadap Fisip umumnya dan khususnya Ilmu Komunikasi memang dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Sektor pekerjaan di Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional dan Administrasi Bisnis adalah sektor-sektor yang cepat atau mudah terserap di pekerjaan. Sehingga keyakinan para peminat bahwa prodi tersebut merupakan prodi yang laris di pasaran, cepat mendapatkan pekerjaan, cepat memberikan hasil positif setelah belajar menjadi prestasi bagi Ilmu Komunikasi, demikian pula Hubungan Internasional dan Administrasi Bisnis. Selain itu faktor peringkat dan prestige, di mana mereka yang diterima di prodi-prodi favorit juga melihat akreditasinya misalnya Ilmu Komunikasi yang telah terakreditasi internasional sehingga tingkat kepercayaan semakin tinggi.

“Kami akan selalu berbenah dan memperbaiki diri, baik dari aspek kurikulum, kompetensi, hasil pembelajaran maupun aspek jaringan di dalam pekerjaan. Respon kami tentu bangga dan berterima kasih karena apresiasi publik semakin meningkat. Ilmu Komunikasi yang menjadi peringkat pertama sebagai pilihan favorit tentunya memiliki jaringan yang luas, memiliki sumber daya manusia dan fasilitas yang bagus dengan karakter-karakter kepemimpinan yang baik. Kami kira tidak salah jika Ilmu Komunikasi menjadi The First Choice untuk jalur Sosial Humaniora” terang Dr. Teguh.

“Yang paling penting saat ini adalah bagaimana strategi atau upaya untuk turut serta dalam mempromosikan Undip agar semua prodi menjadi favorit. Bisa menggunakan media sosial sebagai bentuk promosinya, mahasiswa dan dosen menjadi representasi dari prodi-prodi kita. Banyak mahasiswa membuat film dan video pendek yang kemudian di upload di media-media sosial, seperti facebook, youtube dan instagram yang kemudian diakses oleh banyak orang. Prodi-prodi dapat menggunakan cara anak-anak milenial dalam mempromosikan prodi guna meningkatkan animo masyarakat” ungkapnya.

“Setelah diterima di Undip, kami berharap agar lebih serius belajar, masuk kuliah itu sebagai awal merenda masa depan dan hal yang tak kalah penting adalah dalam proses pembelajaran”pungkas Dr. Teguh. (Lin-Humas)