Sektor perikanan dan kelautan merupakan salah satu potensi yang besar di Indonesia dan bidang perikanan dan kelautan tentunya sangat berperan dalam sektor maritim. Indonesia adalah negara besar yang terdiri dari pulau-pulau dan menyimpan kekayaan alam besar. Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki sumber daya laut yang sangat besar

Universitas Diponegoro memiliki Fakultas  Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) yang memiliki program studi Akuakultur, Ilmu Kelautan, Manajemen Sumberdaya Perairan, Oseanografi, Perikanan Tangkap, dan Teknologi  Hasil Perikanan. Banyak sekali ilmu yang akan kita pelajari di prodi-prodi tersebut.

Prodi S1 Ilmu Kelautan telah terkreditasi A dengan gelar lulusan Sarjana Sains (S.Si.). Kuliah di prodi ini akan belajar tentang biodiversitas sumberdaya kelautan, eksplorasi dan bioprospeksi kelautan, bioteknologi kelautan, konservasi sumberdaya kelautan, mitigasi bencana dan pencemaran laut, dinamika laut dan instrumentasi kelautan. Profil lulusannya yakni peneliti kelautan, pendidik (penyuluh) kelautan, penyelamat (konservasi) kelautan dan perencana kelautan.

Prodi S1 Akualkultur telah terkreditasi A dengan gelar lulusan Sarjana Perikanan (S.Pi.). Di prodi ini akan mempelajari antara pembenihan dan pemuliaan ikan, nutrisi dan pakan ikan, teknologi pembesaran ikan, lingkungan akuakultur, manajemen dan kesehatan ikan, ilmu dasar akakultur dan ilmu pendukung, serta pengembangan akuakultur dan soft skill.

Keilmuan tersebut tentunya berguna sekali dalam dunia kerja, profil lulusan Akuakultur diantaranya adalah pelaku bisnis dan pengembang akuakultur, manajer, pendidik dan penyuluh, peneliti dan konsultan, serta penyelamat lingkungan.

Prodi S1 Oseanografi telah terakreditasi A dengan gelar lulusan Sarjana Sains (S.Si.). Materi yang akan dipelajari di prodi ini adalah dasar-dasar pengetahuan ilmu pengetahuan alam (Nature Sciences) yang meliputi oseanografi fisika, oseanografi kimia, oseanografi geologi, oseanografi perikanan, oseanografi biologi, rekayasa oseanografi, pemodelan oseanografi, mitigasi bencana pesisir dan laut, penginderaan jauh dan pemetaan laut, system informasi geografis, meteorology dan klimatologi laut, mitigasi bencana pesisir dan laut, marine radionuklide, teknologi eksplorasi sumber daya pesisir dan laut. Sedangkan untuk profil lulusannya sebagai ilmuwan oseanografi (peneliti), pendidik, manager, dan entrepreneur.

Prodi S1 Teknologi Hasil Perikanan telah terkreditasi A dengan gelar lulusan Sarjanan Perikanan (S.Pi.). Materi yang dipelajari antara lain biokimia hasil perikanan, mikrobiologi hasil perikanan, teknologi penanganan, teknologi pengolahan, teknologi fermentasi, bioteknologi, diversikasi dan pengembangan produk, pengembangan limbah hasil perikanan, pengujian mutu, standarisasi dan penjaminan mutu, teknologi pengemasan, dan manajemen industri. Prodi ini juga menciptakan profil lulusan yang berkualitas seperti manajer kendali mutu, manajer produksi pada industry pengolahan hasil perikanan, peneliti, penyuluh, administrator, guru, dosen, dan wirausahawan produk perikanan.

Prodi S1 Perikanan Tangkap telah terakreditasi A dengan gelar lulusan Sarjana Perikanan (S.Pi.). Di prodi ini mahasiswa akan belajar mengenai sistem informasi perikanan tangkap, mesin kapal perikanan, teknologi penangkapan ikan, metode penangkapan ikan, eksplorasi perikanan tangkap, manajemen industry perikanan tangkap, manajemen agrobisnis perikanan tangkap, ekonomi perikanan, penyuluhan dan komunikasi perikanan. Sementara profil lulusannya antara lain departemen/dinas perikanan dan kelautan, lembaga penelitian dan pengembangan, swasta, serta konsultan.

Prodi S1 Manajemen Sumberdaya Perairan telah terakreditasi A dengam gelar Sarjana Perikanan (S.Pi.). Materi yang dipelajari meliputi konsep pengelolaan SD perairan (eksplorasi, eksploitasi, rehabilitasi, diversifikasi, dan analisis bioekonomi), karakteristik organisme, proses, dan fenomena yang terjadi (fisik, kimia, biologi), serta sumberdaya perairan serta pemberdayaan masyarakat pesisir, aplikasi penginderaan jauh dan sistem informasi geografis. Profil lulusannya manager/pengelola sumberdaya perairan, peneliti, pemberdaya masyarakat, wirasawasta, instansi baik pemerintah maupun swasta (KKP, LIPI, Balai Perikanan, PEMDA, WWF, dan sebagainya), institusi pendidikan, perbankan, Lembaga-lembaga Pendidikan, dan konsultan.

Lulusan FPIK Undip memiliki prospek yang menarik dan dicari oleh berbagai instansi negeri ataupun swasta, kemaritiman maupun lingkungan. Karena itulah, lulusan dapat berkarir sebagai peneliti, ahli perikanan atau kelautan, berkontribusi di banyak lembaga pemerintah maupun swasta. Akademisi dan pengajar juga sangat terbuka bahkan tidak mustahil sekali jika ingin terjun ke dalam dunia bisnis dan membangun usaha sendiri. (Lin-Humas)