Site icon Universitas Diponegoro

Tim Departemen Peternakan Fakultas Peternakan dan Pertanian UNDIP Melakukan Pendampingan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku

Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Peternakan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro (FPP Undip) melakukan kunjungan ke Dusun Dungus, Desa Mundu, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten pada tanggal 29 Juni 2022. Kegiatan ini merupakan langkah awal tim pengabdian masyarakat melakukan pendampingan Kelompok Tani Ternak Mukti Andini dengan mengusung tema “Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)”.

Wabah virus penyebab penyakit mulut dan kuku (PMK) mulai merebak di kabupaten Klaten, terutama di KTT Mukti Andini Desa Mundu Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. Menurut penjelasan Ketua KTT Mukti Andini bahwa hampir 85% ternak sapi perah terserang virus PMK.

Pada kegiatan ini Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Peternakan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro (FPP Undip) melakukan pendampingan kepada peternak dengan langkah awal melakukan pendekatan agar tidak khawatir bagi sapi-sapi yang sudah terjangkit virus PMK.

Standar operasional prosedur pencegahan penyebaran PMK meliputi biosekuriti ternak, kandang, peralatan, kendaraan, pengunjung, karyawan dan barang. Tips penanganan produk susu melalui susu dimasak mendidih atau minimal melakukan pasteurisasi dipanaskan pada suhu 72⁰ C dan tempat penampungan susu dilakukan desinfeksi.

Tim Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini terdiri dari para dosen yaitu Vita Restitrisnani, S.Pt., M.Si., drh. Ikania Agusetyaningsih, M.Si., Edi Prayitno, S.Pt., M.Si., Dr. Ari Prima, S.Pt., M.Si., Dr. Dela Ayu Lestari, S.Pt., M.Si., Asep Setiaji, S.Pt., M.Si., Ph.D., Lilik Krismiyanto, S.Pt., M.Si. dan Nuruliarizki Shinta Pandupuspitasari, S.Pt., M.Si., M.Sc., Ph.D.

Exit mobile version