Universitas Diponegoro (Undip) tengah menyelenggarakan Ujian Mandiri (UM) Sarjana (S1) mulai tanggal 30 Juni 2022 hingga 8 Juli 2022. Adapun UM S1 Undip dilaksanakan secara online melalui Zoom meeting di mana peserta dapat mengikuti ujian dari tempat tinggal masing-masing, dengan pengawasan ketat dari koordinator dan pengawas UM S1 Undip.

Panitia UM S1 Undip telah mengumumkan petunjuk umum dan petunjuk teknis pelaksanaan ujian, mengingat penyelenggarannya secara online maka peserta harus menyiapkan persyaratan yang mendukung berjalannya ujian. Petunjuk umum antara lain peserta menyiapkan kertas kosong dan pena untuk menghitung, menyiapkan kartu identitas (SIM atau KTP), menyiapkan laptop yang memiliki aplikasi Google Chrome untuk membuka website ujian dan Zoom meeting. Peserta diperbolehkan menggunakan 2 alat yang berbeda, apabila terjadi kendala dalam proses ujian online. Peserta juga diharapkan untuk login di Zoom meeting sesuai waktu yang telah ditentukan menggunakan ID Zoom yang tertera di kartu peserta.

Petunjuk teknis meliputi peserta diwajibkan untuk mengikuti arahan host menuju breakout room, peserta mengubah nama Zoom meeting sesuai ketentuan, peserta mengikuti arahan pengawas untuk login di website ujian, peserta dilarang untuk mematikan kamera Zoom dan peserta dilarang membuka halaman baru (new tab) pada browser saat ujian berlangsung. Dalam mengerjakan soal peserta dapat memulai dari soal TPA dilanjutkan dengan soal TPS dengan alokasi waktu yang diberikan.

UM S1 Undip yang berlangsung selama 9 hari diselenggarakan dalam 4 sesi tiap hari. Sesi 1 pada pukul 07:30 – 09:00 WIB, Sesi 2 pukul 09:30 – 11:00 WIB, Sesi 3 pukul 12:30 – 14:00 WIB, Sesi 4 pukul 14:30 – 16:00 WIB.

Dr. Aris Triwiyatno, S.T., M.T. selaku Kepala Pusat Informasi dan Teknologi Pendidikan LP2MP Undip menyatakan bahwa terdapat sekitar 240 pengawas ujian per hari, dengan 60 pengawas ujian di setiap sesi. Jumlah rata-rata peserta UM S1 pada hari pertama (Kamis, 30 Juni 2022) dan hari kedua (Jumat, 1 Juli 2022) sejumlah 900 peserta per sesi. Sedangkan pada hari ketiga (Sabtu, 2 Juli 2022) dan hari keempat (Minggu,3 Juli 2022) jumlah rata-rata peserta UM S1 mencapai 1200 peserta per sesi.

Animo pendaftar UM S1 Undip tahun 2022 meningkat dari tahun sebelumnya meskipun ujian masih diselenggarakan secara online seperti tahun lalu. “Alhamdulillah lancar, kendala kecil yang terjadi seperti peserta tidak bisa login. Kita tangani dengan baik, kita hubungi peserta yang bersangkutan dan kita tuntun agar dapat login ke website ujian,” tutur Aris Triwiyatno.

“Pelaksanaan UM S1 Undip sudah berjalan baik. Semoga peserta yang lolos dengan nilai yang sesuai akan menjadi mahasiswa Undip yang berkualitas. Adik-adik peserta sudah berusaha keras, jangan patah semangat dan semoga mendapat hasil yang memuaskan,” pesan Aris Triwiyatno kepada para peserta UM S1 Undip.