Pendidikan vokasi bisa menjadi pilihan khususnya bagi calon mahasiswa yang ingin langsung terjun ke dunia industri dan dunia usaha. Pendidikan vokasi diprogram dengan sangat baik untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang siap kerja dengan etos kerja yang baik. Selama kuliah, mahasiswa dibentuk sebagai seorang akademisi dengan berbagai kemampuan mengolah dan mengaplikasikan teori ilmu pengetahuan.

Sekolah Vokasi (SV) Universitas Diponegoro memiliki visi menjadi pusat pendidikan Vokasi (Terapan) yang unggul dan bertaraf internasional. Misinya antara lain menyelenggarakan pendidikan terapan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional sesuai tuntutan dunia global, melaksanakan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat serta menjalin kerjasama dengan pemangku kepentingan, dan menjadikan lingkungan pembelajaran yang kondusif untuk membentuk kepribadian profesional yang memiliki komitmen pengembangan dan penerapan pengetahuan serta pengembangan ketrampilan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan tujuannya adalah menyelenggarakan pendidikan tinggi terapan pada jenjang diploma, sarjana, magister, doktor terapan yang unggul, bermartabat, memiliki tata kelola yang baik sehingga mampu menghasilkan lulusan profesional yang diterima dan diakui kompetensinya oleh dunia kerja baik nasional maupun internasional; menyelenggarakan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat berbasis aplikasi didukung dengan sumber daya manusia sebagai penyelenggara pendidikan yang terampil, professional, kompeten dan tersertifikasi, menyelenggarakan sistem manajemen administrasi yang baik: akademik, keuangan, sumber daya manusia (SDM) maupun pengelolaan aset yang tertib, efisien, efektif, dan akuntabel; dan menyelenggarakan jaringan kerjasama dengan pemerintah, institusi pendidikan, dan para pengguna lulusan baik nasional maupun internasional.

Berikut ini adalah  program studi SV Undip:

Departemen Sipil dan Perencanaan

Departemen Bisnis dan Keuangan

Departemen Teknologi Industri

Calon mahasiswa yang memiliki minat studi lanjut di SV Undip dapat mempersiapkan diri mulai dari sekarang dan mengetahui persyaratan serta memahami alur pendaftarannya. Informasi mengenai SV Undip dapat diakses di https://vokasi.undip.ac.id/ . (Lin-Humas)