Merupakan suatu kebanggaan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (FT Undip) dapat berbagi pengalamannya atas predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bersama dengan 11 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Lembaga Layanan Pendidikan belum lama ini. Salah satunya saat menjadi tuan rumah dan menerima kunjungan kerja dari Universitas Lampung (Unila) dengan memberikan pendampingan mengenai implementasi ZI-WBK dalam rangka menuju Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBBM) di lingkungan Fakultas Teknik Tahun 2022 bertempat di Gedung Dekanat Ruang Teater lantai 4 (Kamis, 30/6).

Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M., M.Sc, Ph.D selaku Dekan Fakultas Teknik Undip turut memberikan sambutannya pada rombongan tamu perwakilan dari Universitas Lampung. Beliau sempat menyebutkan kata-kata inspiratif pamungkas. “We have to enjoy the process.” tegasnya.

Lingkungan pendidikan yang aman dan bersih adalah tujuan utama dari pelaksanaaan ZI-WBK. Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi merupakan predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang telah berhasil melaksanakan reformasi birokrasi dengan baik, yang telah memenuhi sebagian besar kriteria perbaikan pada komponen pengungkit serta mewujudkan pemerintahan bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima. Adanya ZI-WBK di universitas sebagai institusi pendidikan akan sangat berdampak penting bagi kenyamanan seluruh pihak universitas terutama mahasiswa karena perguruan tinggi memegang peranan penting untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa. Lingkungan universitas yang berintegritas akan membantu mahasiswanya berkembang jauh lebih baik dengan transparansi dan fasilitas yang suportif, dilansir dari laman ft.undip.ac.id.

Pada kesempatan mempresentasikan pengalaman FT Undip dalam memperoleh predikat ZI-WBK, Dr. nat. tech. Siswo Sumardiono, S.T. M.T., selaku pembicara sekaligus sebagai Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan FT Undip menyampaikan penjelasan tentang visi – misi; profil Fakultas Teknik Undip, Capaian Akreditasi Internasional; Capaian Inovasi Sistem Informasi; Area Perubahan Sebelum & Sesudah; Rekomendasi Kementerian PAN RB 2020; Strategi Implementasi; Dampak Inovasi, Benchmarking dan Pengakuan serta Dokumentasi dan Testimoni sebagai data pendukung.

Pemaparan tentang Penyusunan Peta Proses Bisnis Universitas Diponegoro dengan penyampaian yang apik dan rinci oleh Drs. Mulyo Padmono selaku Kepala Biro Umum dan Keuangan sehingga para tamu yang hadir pun antusias menyimak. (Diah-Humas)