Adanya Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Diponegoro menjadi hal yang menarik untuk diketahui. Pengembangan kampus di luar kampus utama salah satunya untuk dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki daya saing dalam menghadapi era globalisasi. Beberapa program studinya antara lain D3 Akuntansi, D3 Perencanaan Tata Ruang Wilayah dan Kota, D3 Administrasi Pajak, D3 Hubungan Masyarakat, D3 Manajemen, dan S1 Administrasi Publik.

PSDKU Undip  mengemban visi menjadi lembaga terdepan dalam mendukung peningkatan akses, pemerataan, mutu, dan relevansi pendidikan tinggi di Jawa Tengah. Misinya antara lain melaksanakan pengelolaan penyelenggaraan pendidikan di bidang ilmu eksakta dan non eksakta untuk meningkatkan akses pendidikan yang berkualitas secara nasional dalam menghasilkan lulusan yang professional, melaksanakan mutu penelitian, publikasi, hak kekayaan intelektual dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka meningkatkan potensi daerah guna mendukung pembangunan nasional, melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya mendukung pemerataan pembangunan nasional khususnya di Jawa Tengah berdasarkan potensi masyarakat daerah, dan melakukan perbaikan yang kontiyu dalam rangka peningkatan kualitas tata kelola pendidikan yang tranparan, akuntabel, dan efisien.

Sedangkan tujuan strategis Lembaga PSDKU adalah meningkatkan akses pendidikan yang bermutu bagi masyarakat daerah atas kompetensi lulusan sebagai tenaga ahli dan tenaga trampil yang memiliki dasar ilmu pengetahuan, skill, dan profesionalitas dalam mendukung Pembangunan Nasional; meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan publikasi untuk memecahkan permasalahan yang yang ada di masyarakat khususnya yang berhubungan dengan potensi daerah dalam mendukung aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi; mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat daerah demi kemajuan pembangunan nasional dengan melibatkan masyarakat, pemerintah/perusahaan daerah, industri, dan instansi lain; dan mengembangkan profesionalisme, kapabilitas, akuntabiltias terkait sistem tata kelola Lembaga PSDKU Universitas Diponegoro yang kredibel.

Saat ini Kampus PSDKU berada di Batang, Pekalongan, dan Rembang. Ingin tahu lebih lanjut tentang PSDKU Undip bisa diakses di laman https://psdku.undip.ac.id/. (Lin-Humas)