Universitas Diponegoro (Undip) menjalin kerja sama dengan RSUP Dr. Kariadi dan Hanze University of Applied Sciences Groningen, Belanda pada Rabu, 13 Juli 2022 pukul 13.30 WIB secara daring/online melalui platform Zoom meeting. Kerja sama antara tiga institusi yang bertujuan untuk menguatkan riset dan pendidikan terutama di bidang medis ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA).

Pihak Undip diwakili oleh Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. dan Dekan Fakultas Kedokteran Undip, Prof. Dr. dr. Dwi Pudjonarko, M.Kes., Sp.S(K)., pihak RSUP Dr. Kariadi diwakili oleh Direktur Utama RSUP Dr. Kariadi, Drg. Farichah Hanum, M.Kes., dan President of Hanze University of Applied Sciences, D.J. Pouwels mewakili Hanze University of Applied Sciences Groningen, Belanda.

Acara ini dihadiri oleh Rektor Undip, Ketua Senat Akademik, Ketua Majelis Wali Amanat, para Wakil Rektor, Dekan Fakultas/Sekolah, Direktur Utama Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND), segenap jajaran pimpinan di lingkungan Undip, Direktur Utama RSUP Dr. Kariadi beserta staff, President and Dean of the School of Nursing of Hanze University of Applied Sciences Groningen, Belanda.

Kolaborasi ini mencakup kerja sama antara fakultas kedokteran, instruktur klinis dan mahasiswa dalam melakukan penelitian, simposium, dan kegiatan akademik lain seperti students exchange. Hasil riset oleh tiga institusi nantinya akan diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat sesuai dengan isi perjanjian. Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., Direktur Utama RSUP Dr. Kariadi, Drg. Farichah Hanum, M.Kes., dan President of Hanze University of Applied Sciences, D.J. Pouwels berlaku selama 5 tahun.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) oleh Dekan Fakultas Kedokteran Undip, Prof. Dr. dr. Dwi Pudjonarko, M.Kes., Sp.S(K)., Direktur Utama RSUP Dr. Kariadi, Drg. Farichah Hanum, M.Kes., dan President of Hanze University of Applied Sciences, D.J. Pouwels.

Dalam sambutannya, Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. menyampaikan bahwa kerja sama ini dijalin dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Undip. “Terima kasih atas kerja sama dengan RSUP Dr. Kariadi dan Hanze University of Applied Sciences. Harapannya agar kerja sama ini berjalan lancar dan kita semua bisa menghasilkan banyak produk hasil riset yang bermanfaat,” tutur Prof. Yos.

Drg. Farichah Hanum, M.Kes selaku Direktur Utama RSUP Dr. Kariadi mengungkapkan bahwa kerja sama ini berfokus pada research and development serta transfer pengetahuan. “Ini adalah kolaborasi global antara 3 institusi di bidang pendidikan dan kesehatan, khususnya di bidang ilmu keperawatan. Semoga para mahasiswa yang akan terlibat dalam program ini dapat memperoleh pengetahuan sebanyak mungkin,” ungkap Drg. Farichah Hanum.

President of Hanze University of Applied Sciences Groningen, Belanda juga mengungkapkan rasa bangganya atas kolaborasi internasional ini. D.J. Pouwels menyebutkan bahwa mahasiswa Undip dan Hanze University of Applied Sciences dapat mengikuti program student exchange maupun internship untuk mendapatkan pengalaman internasional. “Bersama-sama kita kembangkan pengetahuan di bidang nursing professional serta meningkatkan praktik keperawatan di Indonesia dan di Belanda. Mari berikan yang terbaik dalam menjalankan kolaborasi yang sangat prospektif ini,” pungkas D.J. Pouwels. (Titis/Dhany – Public Relations)