Palang Merah Indonesia (PMI) Semarang memperingati Hari Donor Darah Sedunia dengan menggelar kegiatan donor darah di Gedung Widya Puraya Universitas Diponegoro, Kamis (14/7).

Kegiatan tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada seluruh pendonor darah di seluruh dunia yang rutin mendonorkan darahnya setiap tiga bulan sekali. Dengan begitu, harapannya akan lebih banyak lagi orang yang mampu berkomitmen terhadap donor darah secara sukarela demi meningkatkan kesehatan dan keselamatan nyawa orang lain di seluruh dunia. Tanggal 14 Juni diperingati sebagai hari Donor Darah Sedunia dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran yang lebih luas akan pentingnya ketersediaan dan penggunaan dari darah serta produk darah yang aman.

Nadila Karamina Qatrunnada selaku Wakil Komandan KSR PMI Unit Undip menyampaikan kegiatan ini merupakan program kerja dari KSR dalam memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang dilakukan setiap satu tahun sekali dan baru pertama kali tahun ini diselenggarakan di Undip.

Kegiatan Donor Darah Sedunia atau HDDS diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk meningkatkan suplai darah, mendonorkan darah kepada masyarakat yang membutuhkan, dan berbagi ilmu dengan anggota unit KSR PMI Unit Undip. Kegiatan ini juga tetap menjaga kepatuhan terhadap protokol kesehatan, dan juga mengadakan webinar HDDS.

UKM KSR PMI Unit Undip merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM di Universitas Diponegoro yang bergerak dalam bidang kepalangmerahan dan berlandaskan asas kemanusiaan. (Afifah-Humas).