Mahasiswa semester 6 Teknik Geologi, Ilham Muhammad dan Mahasiswi Program Sekolah Vokasi Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur angkatan 2019, Nazilatul Hidayah mengikuti seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Wilayah VI secara daring, Selasa (19/7) dan Rabu (20/7).

Pilmapres atau Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi setiap tahunnya. Seleksi Pilmapres Tingkat Wilayah VI ini diikuti oleh 63 mahasiswa program sarjana dan sekolah vokasi dari perguruan tinggi di Jawa Tengah, termasuk Undip di dalamnya.

Ilham Muhammad, Mahasiswa Teknik Geologi Undip mempresentasikan gagasan kreatifnya dalam seleksi Pilmapres Tingkat Wilayah VI yaitu, Coastal Hero, inovasi ini merupakan perancangan tanggul dinamis yang mana ketinggiannya dapat diatur serta terdapat early warning system. Implementasi dari inovasi ini berada di Kelurahan Tanjung Mas Semarang, karena selama 30 tahun Kelurahan Tanjung Mas memiliki permasalahan banjir rob yang belum teratasi. Oleh karena itu, ia menawarkan gagasannya sebagai upaya mengatasi banjir rob yang melanda Kelurahan Tanjung Mas.

Mahasiswa Teknik Geologi ini menyampaikan harapannya pada gagasan kreatif Coastal Hero yang dia cetuskan “Lebih dari 87% warga Kelurahan Tanjung Mas kehilangan mata pencahariannya akibat banjir rob. Tidak hanya itu saja, banyak sekali kegiatan perindustrian terutama pada PT Pelindo dan sebagainya mengalami kegagalan dan kerugian. Oleh karena itu, upaya ini sangat saya harapkan menimbulkan multiply effect pada aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan.” tuturnya saat diwawancarai Humas Undip, Selasa (19/7).

Selain Ilham Muhammad, Undip memiliki satu mahasiswi berprestasi lainnya yaitu Nazila Hidayah, mahasiswi program Sekolah Vokasi Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur. Jika Ilham mencetuskan gagasan kreatifnya, mahasiswi Sekolah Vokasi ini membuat suatu produk inovatif yaitu “Sandwich Panel”.

Sandwich Panel adalah struktur material bangunan yang terbuat dari tiga lapisan bahan, yaitu  inti dengan kepadatan rendah, dan lapisan kulit tipis yang lebih padat dan kokoh. Sandwich Panel digunakan dalam aplikasi bahan bangunan yang memerlukan kombinasi struktur yang kokoh tetapi berbobot rendah. Namun, uniknya gagasan produk inovatif yang dicetuskan Nazilah adalah bahan baku dari pembuatan Sandwich Panel yang menggunakan limbah dari styrofoam dan serat padi.

Selama persiapan hingga menuju seleksi Pilmapres, Nazila menyampaikan tantangan yang dihadapinya “Dalam beberapa kali terdapat perubahan waktu dan jadwal sehingga harus mempersiapkan diri atas segala kemungkinan yang terjadi karena memang itu yang menjadi poin dimana kita bisa siap hingga hari seleksi” ucapnya. (Afifah-Humas)