“Pendidikan adalah issue penting di dalam kehidupan manusia. Saya percaya, bahwa pendidikan dapat membantu kita dalam mendapatkan karir yang baik, status sosial yang baik, serta menumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi. Selain itu, pendidikan juga dapat memoles cara berpikir, karakter, serta perilaku manusia. Saat ini kita dihadapkan pada transformasi masif yang terjadi pada semua sektor kehidupan. Maka di masa kini dan di masa mendatang, orang-orang dengan ilmu dan pendidikan yang tinggilah yang dapat menangkap peluang kesuksesan. Namun, pendidikan formal saja tidak cukup untuk menghadapi tantangan global saat ini. Kita perlu membekali diri kita dengan 4C yaitu critical thinking, creativity, collaboration, dan communication yang dapat kita dapatkan dari organisasi. Organisasi menyediakan peluang besar untuk melakukan kolaborasi dan memudahkan kita untuk terkoneksi dengan banyak pihak, sehingga kita tidak terkotak-kotakkan pada cakupan area yang sempit. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi kita untuk bisa menerima peluang dari berbagai pihak” Hal tersebutkan disampaikan oleh Afriza Ni’matus Sa’adah Wisudawan Undip ke-167 Universitas Diponegoro dari Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik yang meraih IPK 4.00.

Lebih lanjut Afrizal mengatakan kesibukan selain belajar tidak jauh dari keempat tujuan yang telah ia tetapkan selama menyandang status sebagai mahasiswa Universitas Diponegoro, yaitu akademik, penelitian, organisasi, dan kompetisi.

Di bidang akademik, ia pernah menjadi asisten dosen dan asisten riset di Advanced Material Laboratory (AMaL) Undip, mengikuti diskusi keilmiahan dan menjadi pemakalah (speaker) pada berbagai konferensi internasional, mengikuti summer school program di Department of Chemical and Environmental Engineering, University of Nottingham Malaysia, serta mengikuti berbagai macam training yang dapat meningkatkan hard skill dan soft skill keteknikan sesuai latar belakang pendidikan saya (Ahli K3 umum, ISO, pelatihan software hysys, dll

Di bidang penelitian, ia mengikuti berbagai macam riset, mulai dari riset mengenai fortifikasi mie, pembuatan plastic biodegradable, pengolahan limbah dengan reaktor Dielectric Barrier Discharge, pembuatan produk kecantikan bio-scrubber, serta pembuatan material coating. Hasil dari riset-riset ini menuntunnya mempublikasikan 9 jurnal internasional dan prosiding internasional yang terindex Scopus mulai dari Q1 hingga Q3. Melalui semua kegiatan riset tersebut ia dapat berinovasi untuk menciptakan solusi dari permasalahan-permasalahan aktual saat ini.

Di bidang organisasi, Afriza menduduki beberapa jabatan fungsional di berbagai organisasi. Pertama, menjadi bendahara di Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia UNDIP tahun 2019. Organisasi ini berfokus pada pelayanan mahasiswa Teknik Kimia UNDIP di bidang akademik, riset, minat dan bakat, kaderisasi, serta kewirausahaan. Kedua, menjadi sekretaris POCALUNAR Chem-E Car Group UNDIP tahun 2020. Organisasi ini berfokus pada perakitan prototype mobil berbasiskan reaksi kimia yang dapat menghasilkan tekanan ataupun elektrisitas. Ketiga, menjadi bendahara di Society of Petroleum Engineer (SPE) UNDIP Student Chapter tahun 2021. Organisasi ini bertaraf internasional yang bergerak pada bidang Oil and Gas. Pada tahun 2021, dan mendirikan sebuah komunitas kecil yang saya beri nama “Student Research and Innovation Center (SRI-C)”. Ia berusaha membagikan ilmu mengenai riset dan memberikan pelayanan kepada mahasiswa Undip dalam bidang LKTI, PKM, dan publikasi melalui komunitas ini. Semua pengalaman organisasi ini akhirnya memberikan banyak sekali pengalaman baginya mengenai kepemimpinan, public speaking, problem solving, networking, dan pelajaran lainnya yang tidak bisa saya dapatkan dari proses pembelajaran di kelas.

“Sedangkan dalam bidang kompetisi, saya telah mengikuti berbagai macam perlombaan dari tingkat nasional hingga internasional. Lebih dari 10 penghargaan telah saya terima. Melalui ajang kompetisi tersebut, saya dapat meng-update dan meng-upgrade diri hingga menjadikan saya sebagai pribadi yang tidak mudah menyerah. Beberapa prestasi yang pernah saya raih diantaranya pada tahun 2021 medali emas kategori poster di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34, peringkat 5 Mahasiswa Berprestasi di ajang PILMAPRES Tingkat Nasional juara 2 kategori presentasi pada summer school programme penyelengara University of Nottingham Malaysia” ungkapnya.

 Ia juga memiliki prestasi di bidang publikasi antara lain berhasil mempublikasikan 9 jurnal internasional dan prosiding internasional yang terindex Scopus mulai dari Q1 hingga Q3 dan mempublikasikan 4 buku ber-ISBN. Salah satu jurnalnya berjudul The nutritional enrichment of dried noodles by using phycocyanin extracted from Spirulina sp as an effort of food fortification, In Journal of Physics: Conference Series dan buku yang diterbitkannya pada tahun 2022 berjudul  Implementasi ekonomi sirkular melalui pemanfaatan limbah plastik sebagai komposit papan partikel terimpregnasi serat selulosa untuk mewujudkan target pembangunan berkelanjutan

 Tahun 2018 saya masuk di jurusan Teknik Kimia Undip melalui jalur ujian mandiri, Teknik Kimia akhirnya menjadi jalan terang bagi saya. Undip merupakan tempat ternyaman, terbaik untuk berproses, dan telah memberikan begitu banyak fasilitas serta pelayanan sehingga saya bisa tumbuh dengan baik. Begitu banyak dosen yang berdedikasi tinggi kepada mahasiswanya, Undip juga banyak  mencipatkan opportunity untuk membantu mahasiswanya terus berkembang” pungkas Afriza. (Lin-Humas)