Universitas Diponegoro (Undip) dengan bangga turut meluluskan sebanyak 282 wisudawan dari program Bidikmisi pada Upacara Wisuda ke-167 yang diselenggarakan secara luring di Gedung Prof. Soedarto, kampus Undip Tembalang dari tanggal 26 Juli 2022 sampai dengan 02 Agustus 2022.

Wisuda yang digelar sebanyak 11 tahapan ini diikuti sebanyak 2.665 orang wisudawan, yang meliputi program Doktor 38 orang, Magister 386 orang, Spesialis 70 orang, Profesi 120 orang, Sarjana 1.828 orang, Sarjana Terapan 27 orang, dan Diploma 196 orang. Sehingga sampai dengan wisuda periode ini, jumlah lulusan Undip telah mencapai 242.000 orang. Sementara, pada wisuda kali ini terdapat 1.570 wisudawan atau 58.91% berpredikat Cumlaude.

Adapun Program Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan dari Pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik yang baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Program Bidikmisi ini berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi. Meski demikian, syarat prestasi pada program Bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima program Bidikmisi terseleksi dari yang benar-benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tingginya.

Menjadi salah satu Perguruan Tinggi ternama di Indonesia, Undip telah berkomitmen untuk mendukung program Bidikmisi yang telah diselenggarakan oleh Pemerintah, sehingga tiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan serta dapat meningkatkan pemerataan akses jenjang Perguruan Tinggi.