Site icon Universitas Diponegoro

UNDIP Kembali Luluskan Mahasiswa Double Degree dan Mahasiswa Internasional pada Wisuda ke-167

Pada Upacara Wisuda ke-167 yang digelar dari tanggal 26 Juli 2022 sampai dengan tanggal 2 Agustus 2022 di Gedung Prof. Soedarto S.H., Universitas Diponegoro (Undip) meluluskan sebanyak 2.665 orang wisudawan, yang meliputi program Doktor sejumlah 38 orang, Magister 386 orang, Spesialis 70 orang, Profesi 120 orang, Sarjana 1.828 orang, Sarjana Terapan 27 orang, dan Diploma 196 orang.

Dalam laporannya, Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D. menyampaikan bahwa dalam upacara wisuda ke-167 ini terdapat dua wisudawan dari program Double Degree dan 23 wisudawan yang merupakan mahasiswa Internasional. Kedua wisudawan dari program Double Degree yaitu Nirmala Raihan Pitaloka lulusan Sarjana Manajemen dari Saxion University Netherlands dan Vibuthy Rara Pungkasa Virya lulusan Sarjana Manajemen dari Medicis Business School Perancis.

Program Double Degree ini merupakan program bagi mahasiswa untuk mendapatkan dua gelar kelulusan dengan menyelesaikan perkuliahan di Undip dan juga di universitas mitra di luar negeri. Undip saat ini telah banyak menjalin kerja sama dengan universitas di luar negeri, hal ini turut mendukung mewujudkan Undip sebagai World Class University (WCU).

Selain itu, terdapat 23 wisudawan yang merupakan mahasiswa Internasional yang lulus pada Wisuda ke-167 Undip, antara lain Mahmoud Walid Abuwazna (Palestina) lulusan Magister Hukum dan Randrianaivo Mendrika Ny Hanitra (Madagascar) lulusan Sarjana Manajemen. Terdapat 8 mahasiswa internasional yang lulus dengan gelar Magister Manajemen yaitu Atanasio De Carvalho Monteiro (Timor Leste), Razafimahenina Harinoasy Holinirina Lantoniaina (Madagascar), Saparmyrat Soyunov (Turkmenistan), Li Nanxi (China), dan mahasiswa dari Thailand yaitu Busainah Mateh, Fatmah Duerasor, Muhammadhafal Baheng dan Che-Romoh Sama.

Dari Fakultas Teknik, lulus dengan gelar Magister Teknik Lingkungan yakni Lamin Rene Loua (Gambia), Rasolonjatovo Faniry Fanilo Fanantenana (Madagascar), Emilia Cristiana Baptista Belo (Timor Leste), dan Mostafa Hamdy Marawan (Mesir). Mahmood Taha Mohammed Naji Saeed (Yaman) lulusan Magister Teknik Kimia, Nzamurambaho Felicien (Rwanda) lulusan Magister Agribisnis, Alhaji Sheku Sankoh (Sierra Leone) lulusan Magister Administrasi Bisnis, dan Faniry Anjarasoa Dimbilalaina (Madagascar) lulusan Magister Ilmu Linguistik juga diwisuda para Wisuda ke-167 Undip.

Lulus dengan gelar Magister Ilmu Politik yakni Aniello Iannone (Italia), Mohamed Ali Mohamed Yousef (Papua Nugini), dan Midelit Okole Pius (Mesir). Kemudian Islam Karim Rouby Mohammed (Mesir) dan Ahmed A. O. Shbair (Palestina) lulus sebagai Magister Ilmu Komunikasi.

Sebagian besar program studi di Undip telah terakreditasi Internasional yang merupakan salah satu langkah nyata Undip menuju World Class University (WCU). Kelas kolaboratif yang terdapat di Undip membuat Undip sebagai institusi pendidikan tinggi yang tepat bahkan bagi mahasiswa Internasional dalam melanjutkan pendidikannya sehingga menjadi lulusan yang COMPLETE (Communicator, Professional, Leader, Entrepreneur, Thinker, Educator).

Ahmed A. O. Shbair, mahasiswa Internasional FISIP Undip yang lulus pada wisuda Undip periode ke-167 mengatakan bahwa banyak pengalaman yang diperoleh selama belajar di Undip, baik pengetahuan, pengalaman hidup, dan berbagai skill. “Saya tertarik melanjutkan studi di Undip karena saya melihat atmosfer belajar yang menyenangkan di Indonesia terutama di Undip yang memiliki banyak program studi yang bagus dan terpercaya. Banyak pengalaman tidak terlupakan terutama kegiatan di luar kampus bersama International Office (IO) Undip, baik dalam scientific courses, academic courses dan summer courses. Selama pandemi Covid-19 terjadi, kami belajar secara online. Tetapi Universitas tetap memberikan pembelajaran yang baik dan juga mengurus mahasiswa Internasional yang jauh dari negara asal,” tutur Ahmed.

Seperti Ahmed, mahasiswa Internasional lain pun setuju bahwa selama belajar di Undip mereka juga berkesempatan untuk mempelajari budaya, peradaban, sejarah di kota Semarang dan berbagai kota di Indonesia. Internasional exposure yang didapatkan oleh mahasiswa Double Degree dan mahasiswa Internasional Undip diharapkan dapat bermanfaat dalam pembentukan karakter dan pola pikir sehingga para lulusan Undip dapat menjadi lulusan yang kreatif dan siap kerja.

Share this :
Exit mobile version