“Saat masih kuliah, saya mendorong diri saya sendiri untuk cepat mendapatkan pekerjaan dengan membuka portal website karir yang berisi lowongan pekerjan. Saya mencoba mendaftar beberapa lowongan di akhir April 2022. Pada awal Mei 2022, saya mendapatkan pesan bahwa saya lolos seleksi berkas di Perusahaan Lamudi Indonesia. Saya sangat bersyukur karena Tuhan menjawab doa saya. Kemudian lanjut ke tahap interview HR dan dinyatakan lolos. Tahap berikutnya adalah Interview User di posisi saya lamar sebagai Client Relationship Officer sehari setelah saya sidang Tugas Akhir. Pada hari H saya sempat tidak yakin  dan memutuskan untuk tidak interview, namun sepertinya Tuhan menggerakkan hati saya  untuk tetap mengikuti interview. Pada hari yang sama diumumkan bahwa saya lolos dan mendapat tawaran kerja sebagai karyawan di perusahaan tersebut. Saya bersyukur dan tidak menyangka, saya diterima kerja dengan cepat. Tentu saja saya sangat bahagia karena bisa menyelesaikan tantangan untuk diri sendiri. Setelah saya menandatangani surat tawaran kerja saya langsung bersiap ke Jakarta untuk bekerja. Semua proses perjalanan hingga pada titik ini adalah berkat dari Tuhan” ungkap Tama Simarmata Wisudawan Universitas Diponegoro pada Wisuda ke-167 dari Sekolah Vokasi Hubungan Masyarakat Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Batang.

“Kalau kesibukan di luar kuliah diantaranya mengikuti kegiatan internship atau magang diberbagai perusahaan seperti DigiTiket, Les-Online.com, School of Parenting, Prokompim Batang, Rise Foundation dan lain-lain yang banyak pada posisi PR, Event Specialist, Partnership dan Media Relations. Saja juga aktif mengikuti lomba seperti PKM-PM dan Mawapres, serta ikut organisasi seperti GenBI Komsat Undip dan Semarang sebagai salah satu penerima beasiswa Bank Indonesia, Himpunan Mahasiswa Jurusan D3 Humas Batang, Forum Mahasiswa APIC, Hands On Business, serta mengkuti berbagai kelas mentoring seperti persiapan karir setelah kuliah” lanjut wisudawan dengan IPK 4.00 ini.

Kompetisi yang  pernah saya ikuti adalah Duta GenRe Sulawesi Utara dan Nasional 2018, PKM dan Mawapres Tingkat Fakultas dan Undip, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Lomba Penyuluhan Kependudukan, Baca Puisi, Remaja Teladan dan Siswa Kristen Berprestasi Sulawesi Utara.

“Pengalaman yang luar biasa banyak saya dapatkan selama berkuliah di Undip, dosen-dosen berpengalaman dan akrab, banyak membantu saya. Selain itu kurikulum terbaru mengajarkan saya harus bisa mengaplikasikan secara langsung teori yang didapatkan, peluang untuk berprestasi serta sarana dan prasarana yang sangat memadai membuat saya tidak kesulitan dalam mengasah soft skill dan hard skill. Saya tidak akan pernah lupa kepada dosen-dosen D3 Humas Batang dan teman-teman saya yang selalu mendukung saya. Undip tidak hanya memberikan pendidikan yang sangat matang namun juga mempersiapkan mahasiswa menjadi insan sukses setelah lulus berkuliah melalui berbagai aktivitas yang diadakan di dalam maupun di luar kampus.” tutur Tama

“Pendidikan dan organisasi itu sangat penting karena kedua hal ini mengajarkan kita untuk menjadi orang yang berkualitas dan kompetitif. Mulai dari cara menerapkan ilmu, berkomunikasi, kepemimpinan, kreatif, analisis, cepat tanggap, dan mau berkarya akan didapatkan dari pendidikan dan organisasi. Selain itu  kita jangan pernah merasa takut gagal dan terus mencoba, karena kita tidak akan menemukan kesuksesan jika ketakutan masih  saja membayang-bayangi kita. Dan jangan lupa berdoa, salam sukses! Undip Jaya selama-lamanya!” pungkasnya. (Lin-Humas)